Penggunaan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menelaah Tingkat Kepuasan Pengunjung Taman Panorama Baru di Bukittinggi Melalui Pengambilan Keputusan

Hanifah Shiddiq - Padang State University

Abstract


Pariwisata merupakan sektor penting yang dapat meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Kota Bukittinggi, dengan berbagai daya tarik wisata alam dan budaya, memiliki potensi besar dalam sektor ini. Namun, untuk meningkatkan kepuasan pengunjung, diperlukan penilaian yang tepat. Metode Fuzzy Tsukamoto dipilih karena hasil ouput yang diberikan berupa nilai crisp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Fuzzy Tsukamoto dalam menelaah tingkat kepuasan pengunjung Taman Panorama Baru di Bukittinggi. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian terapan yang menggunakan data primer hasil penyebaran kuesioner online melalui google form kepada responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa 88,54% pengunjung memiliki tingkat kepuasan tinggi dan 11,45% pengunjung memiliki tingkat kepuasan rendah, dengan faktor utama yang mempengaruhinya adalah kualitas dari fasilitas wisata taman tersebut.

Full Text:

PDF

References


N. Lestari and I. Idris, “Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Padang,” J. Kaji. Ekon. dan Pembang., vol. 6, no. 1, p. 59, 2024, doi: 10.24036/jkep.v6i1.15840.

A. Ananditya and W. Hidayat, “Pengaruh Kualitas Produk Wisata, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Goa Kreo Semarang,” J. Ilmu Adm. Bisnis S1 Undip, vol. 6, no. 2, pp. 98–106, 2017.

A. Naba, Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi, 2009.

I. Prasetya, D. Y. Rahayu, and M. Kom, “Penentuan Harga Jual Sepeda Motor Bekas Menggunakan Fuzzy Logic ( Metode Tsukamoto ) Dan Implementasinya,” pp. 1–8, 2015.

S. & P. H. Kusumadewi, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2004.

K. L. Kotler, P., & Keller, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009.

N. B. Puspitasari, S. N. W. Pramono, and A. E. Rahmadhika, “Factors that affect intention to revisit of tourists in Semarang,” AIP Conf. Proc., vol. 2019, no. 2018, 2018, doi: 10.1063/1.5061887.

K. L. Kotler, P., & Keller, Manajemen Pemasaran, 12th ed. Jakarta: PT. Indeks, 2007.

A. Yoeti, Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Cetakan Pertama Pradnya Paramita, 2002.

G. Kotler, P., & Armstrong, Principles of Marketing Global Edition, 17th ed. London: Pearson Education, 2018.

H. Kusumadewi, Sri & Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Sistem Pendukung Keputusan Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

T. J. Ross, Fuzzy Logic with Engineering Applications Third Edition. Mexico: John Wiley & Sons, Ltd, 2010.

T. T. Chen, G. & Pham, Introduction to Fuzzy Sets, Fuzzy Logic, and Fuzzy Control Systems. New York: CRC Press, 2001.

F. Susilo, Himpunan dan Logika Kabur: serta Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/unpjomath.v9i3.16700