GAMBARAN KETERAMPILAN SHOOTING DAN PASSING SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) TALAWI PUTRA USIA DI BAWAH 17 TAHUN KECAMATAN TALAWI KOTA SAWAHLUNTO

MAIZUL FAUZI -

Abstract


Masalah dalam penelitian ini berawal dari observasi penulis ditemui di lapangan, bahwa belum adanya Gambaran Keterampilan Shooting dan Passing Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Talawi Putra Usia Di Bawah 17 Tahun Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran (1) Keterampilan teknik mengoper bola (passing) pemain Sekolah Sepak Bola (SSB) Talawi Putra Usia Di Bawah 17 Tahun Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, (2) Keterampilan teknik menendang bola (shooting) pemain Sekolah Sepak Bola (SSB) Talawi Putra Usia Di Bawah 17 Tahun Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto.

 

Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain Sepakbola Sekolah Sepak Bola (SSB) Talawi Putra Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto yang berjumlah 75 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 20 orang. Untuk memperoleh data dilakukan pengukuran terhadap keterampilan teknik passing dan shooting. Keterampilan teknik keterampilan teknik passing menggunakan tes passing kedinding selama 10 detik dengan jarak 4 meter, dan keterampilan teknik shooting menggunakan tes shooting ke gawang yang diberi point. Teknik analisis data adalah dengan analisis deskriptif.

 

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Hasil  tes  keterampilan teknik mengoper bola (passing) pemain sepakbola Sekolah Sepak Bola (SSB) Talawi Putra Usia Di Bawah 17 Tahun Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto pada tingkat sedang yaitu dengan rata-rata 14,05, 2) Hasil tes keterampilan teknik menendang bola ke gawang (shooting) pemain sepakbola Sekolah Sepak Bola (SSB) Talawi Putra Usia Di Bawah 17 Tahun Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto pada rata-rata 9,6 yaitu berada pada klasifikasi sedang.

 

Kata Kunci: Passing, Shooting, Sepakbola


Full Text:

PDF

References


Agus, Apri, (2013). Manajemen Kebugaran. Padang: Suka Bina Press.

Arikunto, Suharsimi, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Buku panduan penulisan tugas akhir/skripsi Universitas Negeri Padang 2011. Padang UNP.

Luxbacher, Joseph A. Sepakbola. PT. Rajawali Grafindo Persada.

Mielke, Danny. (2009). Dasar-dasar Sepak Bola. Bandung: Pakar Raya.

Margiyani. (2008). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan

Kesehatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nanang Martono. 2012. Metode Penelitian Kuatitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Olahraga.

Republik Indonesia. (2005). Undang- undang Republik Indonesia No. 3 Tahun 2005. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Sepakbola Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. (2007). Buku Ajar Sepakbola. Padang: FIK UNP Padang.

Winarno. (2006). Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri

Malang.