PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI SEPAK BOLA SEKOLAH MENENAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 RAMBATAN KECAMATAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR

ANCE LARICHI -

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya gambaran tentang pelaksanaan kegiatan pengembangan diri sepakbola di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran (1) Motivasi siswa dalam Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan diri Sepak Bola di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, (2) Kualitas Pelatih/Guru Pembina pada kegiatan Pengembangan Diri Sepak Bola di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, (3) Kualitas Sarana dan Prasarana pada kegiatan pengembangan diri Sepak Bola di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rambatan  Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 25 orang. Sampel dengan teknik total sampling, yaitu semua populasi dijadikan sampel yang berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan menggunakan Angket ini disusun dengan menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data adalah dengan analisis deskriptif.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Gambaran hasil motivasi siswa dalam kegiatan pengembangan diri berada pada klasifikasi Cukup, 2) Gambaran kualitas guru/pelatih dalam kegiatan pengembangan diri sebesar berada pada klasifikasi Cukup, 3) Gambaran sarana dan prasarana dalam kegiatan pengembangan diri sebesar berada pada klasifikasi Kurang.

Kata Kunci:Motivasi, Kualitas Guru/Pelatih, Sarana dan Prasarana


Full Text:

PDF