GAMBARAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SMPNEGERI 2 DI KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

ISWANDI ISWANDI -

Abstract


Penelitian ini berawal dari perbedaan aktifitas fisik siswa SMPN 2 Lembah Gumanti, yaitu siswa yang berjalan kaki kesekolah dengan siswa yang berkendaraan kesekolah, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesegaran jasmani siswa SMP Negeri 2 Lembah Gumanti yang berjalan kaki  dengan siswa yang berkendaraan kesekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdaftar di SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Tes yang digunakan untuk kesegaran jasmani adalah tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) putra dan putri usia 13 – 15 tahun, Berdasarkan hasil penelitian tingkat kesegaran jasmani siswa dan siswi yang berjalan kaki di SMP Negeri 2 Lembah Gumanti 90 % berada dalam kategori baik, sedangkan tingkat kesegaran jasmani siswa yang berkendaraan berbanding terbalik 70 % berada dalam kategori kurang, dari hasil penelitian maka tergambarlah bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa yang berjalan kaki lebih baik dari siswa yang berkendaraan.

Kata kunci: Kesegaran Jasmani

 

Abstract

This study originated from the difference in the physical activity of students of SMPN 2 Gumanti valley, ie students who walk to school with students who drive to school,      This study aimed to describe the level of physical fitness of students of SMP Negeri 2 LembahGumanti who walk with students who drive to school. Population in this study was all students enrolled in the Junior High School 2LembahGumanti. The instrument for physical fitnes used test  (TKJI) for 13-15 years old, Based on the research level of physical fitness male and female students who walk in the Junior High School 2 LembahGumanti 90% were in either category, while the level physical fitness of students who drive inversely 70% are in the category of less.Based on theresearch resultdescripted that the physical fitness level of students who walk better than students who drive to go to school.

Full Text:

PDF

References


Arsil. (1999). Pembinaan Kondisi Fisik ; Ilmu Keolahragaan. UNP. Padang.

Ulfah (2011)” faktor-faktor yang mempengaruhi kesegaran jasmani”.http://ulfahikrami.blogspot.com/ 2013 //11 //faktor-faktor yang mempengaruhi html?=1 Internet.

Arikunto, Suharsimi (2009), Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka