Optimization of Andalas Leaf Tissue Surface Sterilization (Morus macroura Miq.) with NaOCl For Endophytic Microbial Isolation

Nur Helmi - Padang State University
Dwi Putri - Padang State University

Abstract


Morus macroura Miq.atau dikenal dengan nama Andalas memiliki senyawa bioaktif. Salah satu cara untuk mendapatkan senyawa aktif dari tumbuhan Andalas adalah dengan mengisolasi mikroba endofit. Adanya kontaminasi merupakan kendala pada proses isolasi mikroba ini. Optimasi sterilisasi permukaan jaringan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengisolasi mikroba endofit. Salah satu bahan sterilan yang umum digunakan adalah menggunakan natrium hipoklorit (NaOCl).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi dan waktu optimum untuk sterilisasi permukaan jaringan daun Andalas (Morus macroura Miq.) yang menggunakan natrium hipoklorit (NaOCl). Optimasi sterilisasi permukaan daun Andalas menggunakan larutan NaOCl dengan konsentrasi (0,25% dan 0,50%), dan waktu sterilisasi yang akan digunakan (0,5, 1, 1,5, dan 2 menit). Analasis mikroba kontaminan yaitu dengan bakteri ditumbuhkan pada medium Nutrient Agar (NA) dan jamur pada medium Potato Dextrosa Agar (PDA).                           

Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimasi konsentrasi sterilisasi permukaan daun Andalas untuk isolasi bakteri endofit diperoleh hasil konsentrasi optimum 0,25% dan waktu optimum selama 0,5 menit, dan konsentrasi 0,50% dengan waktu optimum selama 1 menit, sedangkan untuk jamur endofit pada daun Andalas diperoleh hasil konsentrasi 0,25% dan 0,50% dengan waktu optimum selama 0,5 menit.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/11245RF00