Pengaruh Strategi Customization Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Penggunaan Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Kota Padang)

Syafira Ramadhea JR - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract

This research aimed to examine (1) the influence of customization strategy on company performance, (2) customization strategy on the usefulness of broad scope management accounting information system, (3) the usefulness of broad scope management accounting system information characteristic on company performance, (4) customization strategy affects company performance through the usefulness of broad scope management accounting system information characteristic.

The population of this study was manufacturing company in Padang City (18 manufacturing company). Sampling technique was using purposive method. Data was collected by survey method by distributing the questionnaires to respondents (marketing managers, production managers and financial managers). Data was analyzed by path analysis.

The result shows (1) customization strategy does not affect company performance, (2) customization strategy has positif (+) influence on usefulness of broad scope management accounting system information characteristic,  (3) the usefulness of broad scope management accounting system information characteristic has positif (+) impact to company performance, (4) customization strategy has positif (+) affects company performance through the usefulness of broad scope management accounting system information characteristic.

Suggestions for next researchers are giving full attention to other factors that affected the company performance and as well as increasing the number of samples.

 

Key Words : Company Performance, Customization, Broadscope


Full Text:

PDF

References


Agus D, E.M dkk. 2002. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. PSKK UGM, Yogyakarta.

Anggraini, Fivi. 2002. “Pengaruh Customization dan Interdependensi terhadap Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Broad Scope dan Aggregation”. Jurnal. Yogyakarta.

Bastian, Indra. 2001. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit BPFE, Universitas Gajah. Mada. Yogyakarta. Ikatan Akuntansi Indonesia. 2002.

Gaol, Romasi Lumban. 2004. “Konsekuensi Dari Customization Pada Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen”. Tesis. Sumatera Utara.

Ghazali, Iman. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Undip. Semarang.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen. BPFE, Yogyakarta.

Hansen, Mowen. (alih bahasa: Ancella A.Hermawan) 2004. Akuntansi Manajemen, jilid I, Edisi Ke empat, Penerbit Erlangga, Surabaya.

Ietje Nazaruddin. 1998. “Pengaruh Desentralisasi dan Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 1 No.2.

Mulyadi. 1995. Akuntansi Biaya 1. Karunika. Universitas Terbuka. Jakarta.

Mulyadi dan Setiawan. Johny. 2001. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Edisi 2, Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Mustika, Sukmasari. 2011. “ Customer Configuration – Pengaruh Mass Customization And Personalization terhadapSistem Manufaktur”. Jurnal. Surabaya.

Nazarudin. 1998. Pengaruh Desentralisasi dan Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Manajerial," Jurnal Riset Akuntansi lndonesia. Vol 1, No.2.

Nizaruddin, Abu. 2006. “Pengaruh Strategi Customization Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Penggunaan Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen yang Bersifat Broadscope dan Aggregation”. Jurnal. Palembang.

Nurkhalida, Liliek. 2010. “Pengaruh Aplikasi Strategi Mass Customization pada Penerapan Teknologi Informasi”. Jurnal. Surabaya.

Nurhayati, Eni. 2012. “Analisis Pengaruh Strategi Customization Terhadap Kinerja Manajerial Melalui Penggunaan Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen Broadscope”. Jurnal. Surakarta.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Prabowo, Faisal Tri Jatmiko Wahyu. 2005. “Pengaruh Intensitas Persaingan Pasar Terhadap Penggunaan Informasi Benchmarking dan Monitoring dan Kinerja Unit Bisnis”. Jurnal. Universitas Diponegoro.

Pratiwi, Maria. 2020. Pengaruh Strategi Customization Terhadap Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen dengan Interpedensi sebagai Variabel Intervening. Padang: Skripsi FE UNP.

Sukarno, Gendut, 2006. “Mass Customization Dalam Memberikan Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Mie Instan”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis .Vol. 8 No. 2, November.

Susanto, Yulius Kurnia dan Gudono. 2007. “Pengaruh Intensitas Kompetisi Pasar Terhadap Hubungan antara Penggunaan Informasi Sistem Akuntansi Manajemen dan Kinerja Unit Bisnis dan Kepuasan Kerja”. Simposium Nasional Akuntansi X. Yogyakarta. 26-28 Juli 2007.

Supardiyono, YP. 1999.” Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan dan Stpktur Organisasi terhadap Efektifitas Sistem Akuntansi Managemen dalam peningkatan Kinerja Managerial”. Tesis. Program Pasca Sarjana UGM, Yogjakarta.

Umar, Husein. 2004. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wibowo. Prof, Dr, SE, M.Phil. 2007. Manajemen Kinerja. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Widarsono, Agus. 2007.” Pengaruh Kualitas Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial (Survey pada perusahaan go-publik di Jawa Barat”). Jurnal Akuntansi FE Unsil, Vol. 2, No. 2. Pp. 286 - 299.

Widyastuti, Indriyana. 2003. Analisa Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan, Customization, dan Interdependensi Terhadap Desain Karakteristik Informasi Broadscope dan Aggregation Sistem Akuntansi Manajemen. Jurnal. UGM Yogyakarta.

Yovianda, Andri .2009. Pengaruh penggunaan informasi akuntansi manajemen broadscope, aggregation, integration dan timeliness terhadap kinerja perusahaan. Padang: Skripsi FE UNP.

Verina, Atika.2007. Tanggung jawab Perdata PT. Famili Raya Terhadap Masyarakat Akibat Penyempitan Sungai. Padang: Skripsi FH UNAND.

Http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Master, diakses pada 20 Agustus 2012.