ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014 - 2016

Ichsan Diratama - Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNP

Abstract


 

Investasi di sektor pertambangan di nilai sebagai investasi yang berisiko tinggi, dikarenakan semakin maraknya penambangan liar, penambangan tanpa izin, konflik dengan warga setempat dan adanya ketidakpastian menyangkut implementasi undang-undang otonomi daerah dan permasalahan lainnya. Masalah ini jika tidak diatasi, akan berdampak buruk pada perusahaan-perusahaan tersebut, salah satunya akan terjadinya kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prediksi kebangkrutan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2014 sampai 2016.

Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 40 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan metode purposive sampling, sehingga didapatkan 80 pengamatan untuk masing-masing variabel. Data laporan keuangan auditan dan laporan tahunan diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui situs www.idx.co.id dan www.yahoo.finance.com. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Altman Z-Score dengan menggunakan rumus model pertama untuk perusahaan manufaktur yang telah go public.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2014 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berada pada zona berbahaya sebesar 62,5%. Zona abu-abu sebesar 20% dan zona aman sebesar 17,5%. Tahun 2015 perusahaan pertambangan zona berbahaya sebesar 60%. Zona abu-abu sebesar 12,5% dan zona aman sebesar 27,5%. Pada tahun 2016 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diprediksi bangkrut sebesar 57,5% artinya ada penurunan sebesar 2,5% dari tahun sebelumnya, zona abu-abu sebesar 15% artinya ada peningkatan sebesar 2,5% dari tahun sebelumnya, sedangkan zona aman terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 27,5%.

Kata kunci: Prediksi Kebangkrutan, Zona, dan Altman Z-Score.

 



Full Text:

PDF

References


Atmaja, Lukas Setia. (2008). Teori & Pratik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Bogdan, Mihai & Dan Lupu. (2013). The Forecast of Bankruptcy Risk Using Altman Model. The USV Annals of Economics and Public Administration. Vol. 13, Issue 2 (18). Romania: Alexandru Loan Cuza University of Lasi.

Brigham & Joel F. Houston. 2011. Manajemen Keuangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dawir, Fithri Aulia. “Analisis Prediksi Kebangkrutan Perusahaan-perusahaan yag Listing di Daftar Efek Syariah (DES) Menurut Model Z-Altman”. Skripsi: S1 Fakultas Syariah dan Hukum. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2010.

Deanta. 2009. Excel untuk Analisis Laporan Keuangan dan Prediksi Kebangkrutan Perusahaan. Yogyakarta: Gava Media.

Fakhrurozie. 2007. Analisis Pengaruh Kebangkrutan Bank Dengan Metode Altman Z-Score Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Jakarta. Skripsi, Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.

Fathuddin, Fahmy. “Prediksi Kebangkrutan Pada Perusahaan Pertambangan yang Go Public di Jakarta Islamic Index Tahun 2005-2006”. Skripsi: Fakultas Syari’ah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012.

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. (2017). Analisis Laporan Keuangan, Edisi V. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nurcahyanti, Wahyu. “Studi Komparatif Model Z-score Altman, Springate dan Zmijewski dalam Mengindikasikan Kebangkrutan Perusahaan yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 2015.

Nurrudin, Ali. “Analisis Prediksi Kebangkrutan pada Perbankan Go Public di Bursa Efek Jakarta”. Skripsi: S1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. 2005.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT. Refika Aditama.

Sirait, Pirmatua. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Ekuilibria.

Subramanyam, K R dan H Jhon J. Wild. (2011). Analisis Laporan Keuangan, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Sutrisno. (2000). Manajemen Keuangan : Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Utami, Eristy Minda dan Neneng Susanti. (2015). Analisis Kebangkrutan PT. Bank Centra Asia Persero Tbk dan PT. Bank Negara Indonesia Tbk Periode 2011-2013. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi. Vol. 1 No 2 September 2015 Universitas Widyatama.

www.idx.co.id, diakses 16 November 2017 pukul 12.50 WIB.

www.kompas.com, diakses 25 Oktober 2017 pukul 12.43 WIB