PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN HARGA SAHAM TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015 )

Fadila Aini - Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNP

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas yang diukur dengan current ratio (CR), pengaruh profitabilitas yang diukur dengan menggunakan return on equity (ROE), serta pengaruh harga saham yang diukur dengan harga saham akhir tahun per 31 Desember dengan periode waktu penelitian dari tahun 2011-2015 dan kebijakan dividen yang diukur menggunakan dividend payout ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 90 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metodeanalisis yang digunakan adalah analisis regresi panel. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa pada perusahaan manufaktur (1) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen, (2) Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen, dan (3) Harga Saham berpengaruh negatif signifikan terhadap Kebijakan Dividen.


Full Text:

PDF

References


Atmaja, Lukas Setia. 2008. Teori dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi Offset.

Atmawati, Dyah P. 2010. “Pengaruh Cash Flow, Profitability, dan Company Growth: Pengujian Atas Perusahaan Non Keuangan Yang Terdafar Di Bursa Efek Indonesia”. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Brigham, E.F. & Houston, J.F. 2006. Manajemen Keuangan.Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Brigham, E.F. & Houston, J.F. 2011.Dasar - Dasar Manajemen Keuangan.Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji dan Fakhruddin. 2008. Go Publik: Strategi Nilai Perusahaan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Deitiana, Tita. 2013. “Pengaruh Current Ratio, Return On Equity, dan Total Asset Turn Over terhadap Devidend Payout Ratio dan Implikasi pada Harga Saham Perusahaan LQ 45”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.Vol. 15 No. 1.Hal.82-88.

Embara, Cecillia Triana Dewi Lestari, dkk. 2012. “Variabel-Variabel yang Berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen serta Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol. 6 No. 2.

Griffin, Carroll Howard. 2010. “Liquidity and Dividend Policy: International Evidence”. International Bussines Research.Vol. 3 No. 3.

Husnan, Suad. 2008. Pembelanjaan Perusahaan (Dasar-dasar Manajemen Keuangan). Yogyakarta: Liberty.

Horme, James C.Van & John MW. 2009. Prinsip-PrinsipManajemen Keuangan.Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

Http://www.idx.co.id

Http://www.kompas.com

Http://www.sahamok.com

Indrawati, Titik & Suhendro. 2006. “Determinasi Capital Structure pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2004”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol.3 No.1.Hal.77-105.

John, S. Franklin. 2010. “Leverafe, Growt and Profitability ad Determinants of Dividend Payout Ratio-Evidence from Indian Paper Industry”. Asian Journal of Bussines Management Studies.1(1).ISSN 2222-1387.

Kristianawati, Iin. 2012. “Pengaruh Free Cash Flow, Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen”. Skripsi.Semarang: FE dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Keown, Arthur J. 2008. Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan. Jakarta : Indeks.

Lubis, Ade Fatma. 2009. Pasar Modal. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.

Martono dan Harjito. 2007.Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Meythi. 2007. “Rasio Keuangan yang Paling Baik sebagai Prediktor Risiko Sistematik: Suatu Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Vol.6 No.2 (November).Hlm.1-23.

Novatiani,R.Ait& Novi Oktaviani. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur di Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa EfekIndonesia”. JurnalFakultas Ekonomi. Universitas Widyatama Bandung.

Nursada, Stanly Alexander & Novi Budiarso. 2011. “Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftas di Bursa Efek Indonesia”.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Samsul, Mohamad. 2006. Pasar Modal & Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Sandy, Ahmad & Nur Fadjrih Asyik. 2013. “Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen Kas pada Perusahaan Otomotif”. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol.1 No. 1.

Suharli, Michell. 2006. “Studi Empiris Mengenai Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Harga Saham terhadap Jumlah Dividen Tunai”. Jurnal Maksi, Vol. 6 No. 2.hal. 243-256.

Suharli, Michell. 2007. “Pengaruh Profitability dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas sebagai Variabel Penguat”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 9(1) :9-17.

Sulistiyowati, Indah dkk. 2010. “ Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Growtterhadap Kebijakan Dividen dengan Good Corporation Governance sebagai Intervening”. SNA13:Purwokerto.

Sunarya, Devi Hoei. 2013. “Pengaruh Kebijakan Utang, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen dengan Size sebagai Variabel Moderasi pada Sektor Manufaktur Periode 2008-2011”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.Vol. 2 No. 1.

Tendelilin, Eduardus. 2010. Analisis dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE Fakultas Ekonomi UGM.

Winarno, Wing. 2009. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews. Edisi Kedua. Yogyakarta : UPP STIM YKPN

Wonggo, Fatra. dkk. 2016. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Harga Saham terhadap Kebijakan Dividen Tunai”. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 16 No. 01.