Pengaruh Sanksi, Kesadaran Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Kabupaten Pasaman)
Abstract
This research aims to determine: 1) The effect of sanctions on tax compliance in paying taxes of land and buildings in Pasaman, 2) The effect of tax awareness on tax compliance in paying taxes of land and buildings in Pasaman, 3) The effect of service quality on compliance taxpayers in paying tax of land and building in Pasaman.
This research is the causative research is research relationship that is cause and effect with two or more variables in Sugiyono (2004: 11). The population in this research is the entire taxpayer is land and building in Pasaman. While the sample in this research by using the formula Slovin as many as 100 people. This type of data is the primary data (ie questionnaire) and secondary data. Data analysis techniques are regression and correlation analysis.
The results showed: 1) Sanctions tax significant positive effect on tax compliance, 2) Awareness tax taxation significant positive effect on tax compliance, 3) Quality of service tax has a significant positive effect on tax compliance
Keywords: Sanctions, Awareness, Quality and Compliance of WPBB.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Desi. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Dumai. Skripsi : FE UNAND
Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rieneka Cipta
Boediono, B. 1996. Perpajakan Indonesia. Jilid I. Jakarta : Kawula Indonesia.
Devano, Sony dan Rahayu. 2006. Perpajakan, konsep, teori dan isu. Jakarta : Kencana
Departemen Pendididkan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Online
Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah Kabupaten Sijunjung
Franklin, Bernama. 2008. Pengaruh Tingkat Pemahaman, Pengalaman, Penghasilan, Kesadaran perpajakan Perpajakan, Kompensasi Pajak, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar PBB di Kecamatan Padang Barat. Skripsi : FE UNP
Gunadi. 2004. Keberhasilan Pajak Tertanggung, Partisipasi Masyarakat dalam Perspektif Baru.
Hendrico. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Tingkat Pemahaman dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumu dan Bangunan di Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi ; FE UNP
Ikafitri, Dina Yunia. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Kesadaran perpajakan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Padang. Skripsi : FE UNP.
Karsimiati. 2009. Pengaruh Pelayanan Fiskus, Sanksi Denda dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Gabus-Pati. Skripsi : FE UNISBANK
Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metodologi Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga
Kurniawan, Dedi. 2009. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Skripsi : FE UNAND
Kurniawan, Dhani. 2006. Pengaruh Sosialisai Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kabupaten Kudus. Skripsi : FIS UNNES
Mardiasmo. 2003. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Andi Offset
Mardiasmo. 2003. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi Offset
Mardiasmo . 2005. Perpajakan Edisi Revisi . Yogyakarta : Andi Offset
Marihot Siahaan . 2006 . Pajak Daerah dan Retribusi Daerah . Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Menika, Resfianis. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Pembayar pajak dalam Memenuhi Kewajiban Pajaknya. Skripsi : FE UNP
Nugroho, Agus. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Tesis : Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponogoro.
Parasuraman, zeihaml dan Berry. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Reseach. Journal of Marketing. Vol. 49, hal 41–50
Priantara, Diaz. 2009. Kupas Tuntas Pengawasan, Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak. Jakarta : Malta printindo
Shopar Lumbantoruan. 1997 . Ensiklopedia Perpajakan . Jakarta : Erlangga
Sri, 2003. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta
Suhardito, Bambang dan Bambang Sudibyo.1999. Pengaruh Faktor – factor yang melekat pada diri wajib pajak terhadap keberhasilan penerimaan PBB. Simposium Nasional Akuntansi II, Malang.
Supriyono, Bambang. 2002. Peranan Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Kesadaran perpajakan Negara. Vol II, No. 2
Tjahjono, Achmad dan Triyono Wahyudi. 2005. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Undang – Undang Pajak Lengkap. 2008. Jakarta : Mitra Wacana Media
Waluyo. 2005. Perpajakan Indonesia. Jakarta : Salemba Empat
Waluyo. 2007. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat
Wilda. 2009. Pengaruh Faktor Tax Payer terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Sungai Tarab. Skripsi.
Yeremias T Keban. 2004 . Enam Dimensi Strategis Kesadaran perpajakan Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta : Penerbit Gava Media
Zain, M. 2004. Manajemen Perpajakan. Jakarta : Penerbit PT. Salemba Empat.