Pengaruh Leverage, Aktivitas, Dan Arus Kas Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Ivan Kurniawan - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh leverage, aktivitas, dan arus kas perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah return on assets untuk kinerja keuangan; debt ratio, time interest earned ratio dan debt to equity ratio untuk leverage; fixed assets turnover, working capital turnover, dan inventory turnover untuk aktivitas perusahaan; dan cash flow return on assets, operations index, dan cash flow to sales untuk arus kas perusahaan.

Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat asosiatif kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun yakni dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2012, sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 20 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh leverage, aktivitas dan arus kas perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan jika leverage diukur dengan time interest earned ratio; aktivitas perusahaan diukur dengan working capital turnover dan inventory turnover; dan arus kas perusahaan diukur dengan cash flow return on assets dan cash flow to sales.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk melakukan analisis data antar waktu dan menambah variabel penelitian seperti likuiditas dan variabel lainnya serta memilih model yang lebih baik dari beberapa model ada.

 

Kata Kunci : Return On Assets, Debt Ratio, Time Interest Earned Ratio, Debt To Equity Ratio, Fixed Assets Turnover, Working Capital Turnover, Inventory Turnover Cash Flow Return On Assets, Operations Index, dan Cash Flow To Sales

Full Text:

PDF

References


Agus, Widarjono.2007. Ekonometrika Teori dan Aplikasi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta:Ekonisia.

Akhmad, Syafuddin Noor .2011. ”Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan Telekomunikasi yang Go Publik di BEI”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol. 12 No.1 Pangkalan Bun : Universitas Antakusuma.

Brealey, Richard A., Stewart C. Myers, dan Alan J. Marcus. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan Jilid 2. Terjemahan Bob Subran M.M. Jakarta : Erlangga.

Dian, Meriewaty dan Astuti Yuli Setiani. 2005 . “Analisis Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Kinerja pada Perusahaan di Industri Food and Beverages yang Terdaftar di BEJ”. SNA VII. Solo : Universitas Krister Duta Kencana.

Irham, Fahmi. 2012. Analisis Kinerja Keuangan .Bandung: Alfabeta.

Jooste, Leonie. 2004. An Evaluation of the Usefulnes of the Cash Flow Statement Within South African Companies by Means of Cash Flow Ratios. Thesis. University of Pretoria.

Juan, Ng Eng dan Ersa Tri Wahyuni.2013. Panduan Praktis Standar Akuntansi Keuangan Ed 2. Jakarta : Salemba Empat.

Jumingan. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir.2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Nurul, Latifah Pancawardani.2009. “Pengukuran Kinerja dengan Metode Analisa Cash Flow Ratio”. Fokus ekonomiVol 4 No. 2. Semarang : STIE Pelita Nusantara Semarang.

Rita, Fitria. 2010. “Pengaruh Perubahan Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, dan Rasio Aktivitas Terhadap Perubahan Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. Padang: FE UNP.

Subramanyam,K.R. dan John J. Wild.2010. Analisis Laporan Keuangan Buku 1. Terejemahan Dewi Yanti. Jakarta:Salemba Empat.

. 2010. Analisis Laporan Keuangan Buku 2. Terejemahan Dewi Yanti. Jakarta:Salemba Empat.

Suwardjono. 2013 . Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan . Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Toto, Prihadi.2008. 7 Analisis Rasio Keuangan. Jakarta : PPM