Pengaruh Kualitas Audit, Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2012)

Fita Lestiyana - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh kualitas audit, asimetri informasi, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap manajemen laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2012). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah discretionary accrual (DA) untuk manajemen laba; variabel dummy untuk kualitas audit; relatif bid-ask spread untuk asimetri informasi; logaritma total aktiva untuk ukuran perusahaan; dan debt to total asset ratio untuk leverage.

Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun yakni dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2012, sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 62 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) kualitas audit tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba, (2) asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba, (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba, dan (4) leverage berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba.


Full Text:

PDF

References


Algifari, Muhammad. 2012. Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan di BEI. Skripsi S-1. FE: Universitas Negeri Padang.

Angelia, Dwi Suci. dkk. 2012. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Kualitas Audit, dan Independensi Auditor terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Penelitian. FE: Universitas Riau.

Arens, Alvin A. dkk. 2012. Jasa Audit dan Assurance Buku 1. Penerjemah Amir Abadi Yusuf. Jakarta: Salemba Empat.

Benardi, dkk. 2008.”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sukarela dan Implikasinya Terhadap Asimetri Informasi”. Metode Penelitian Kuantitatif, Bidang Kajian: Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal. Universitas Brawijaya.

Brigham, Eugene F, dan Juel, F Houston. 2001. Manajemen Keuangan Buku 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Firdaus, Ilham. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi dan Capital Adequacy Ratio terhadap Manajemen Laba. Skripsi S-1. FE: Universitas Negeri Padang.

Halim, Julia. dkk. 2005. “Pengaruh Manajemen Laba pada Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Termasuk dalam Indeks LQ-45”. Simposium Nasional Akuntansi 8. Solo.

Hermanto, Dedi. 2012. Pengaruh Kualitas Auditor, Kepemilikan Manajerial dan Leverage terhadap Manajemen Laba Pada Perbankan yang Terdaftar di BEI. Skripsi S-1. FE: Universitas Negeri Padang.

Indriani, Yohanna. 2010.“Pengaruh Kualitas Auditor, Corporate Governance, Leverage dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI”. Skripsi Akuntans Indonesia: Universitas Diponegoro.

Jao, Robert. Dan Gagaring Pagalung. 2011. “Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Manajemen Laba”. Jurnal Akuntansi & Auditing. Vol. 08/ No.1 November 2011: 1-94

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawati, Fitri. 2009.“Pengaruh Asimetri Informasi dan Kualitas Auditor terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan yang bergerak di Sektor Keuangan di BEI”. Laporan Penelitian. FE: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Meutia, Inten. 2004.”Pengaruh Idenpendensi Auditor Terhadap Manajemen Laba Untuk KAP Big Five dan Non Big Five”. Jurnal Riset Akuntansi. 3 (Sepetember), 7, hal 351-366.

Muliati, Ni Ketut. 2011. ”Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan di BEI”. Laporan Penelitian. Pascasarjana: Universitas Udayana Denpasar.

Nuryaman. 2008. Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Simposium Nasional Akuntansi XI

Rahmawati, dkk. 2006. “Pengaruh Asimetri Informasi terhadap Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Publik yang Terdaftar di BEJ”. Kumpulan Makalah, Simposium Nasional Akuntansi (SNA) IX, Padang, 23-26 Agustus, hal 2-16.

Saffudin, Achmad Zakki. 2011.”Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Praktik Manajemen laba dan Konsekuensi Manajemen Laba terhadap Kinerja Keuangan”. Skripsi S-1. FE: Universitas Diponegoro.

Sanjaya, I Putu Sugiartha. 2008. Auditor Eksternal, Komite Audit, dan Manajemen Laba. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol.11, No.1 hal 97-116

Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Scott, William R. 2009. Financial Accounting Theory, 5th Ed. Canada: Prentice-Hall.

Sulistyanto, H Sri. 2008. Manajemen Laba, Teori dan Model Empiris. Jakarta: Grasindo.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 Pasal tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Widarjono, Agus. 2007. Ekonometrika Teori dan Aplikasi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta:Ekonisia

Wing, Wahyu Winarno. 2009. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Wiryadi, Arri. 2012. “Pengaruh Asimetri Informasi, Kualitas Audit dan Struktur Kepemilikan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI.”. Skripsi S-1. FE: Universitas Negeri Padang.