Perbedaan Hasil Belajar IPA Antara Model Pembelajaran Fishbowl Dengan Model Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas IV SDN Sertajaya 01 Cikarang Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan model pembelajaran fishbowl dengan model pembelajaran konvensional pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sertajaya 01 Cikarang Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimental dengan teknik non equivalent control gruop design. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Sertajaya 01 berjumlah 60 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung = 3,1392 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58 dan didapat ttabel = 1,681 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan menyatakan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran fishbowl dengan model pembelajaran konvensional pada hasil belajar IPA siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.