PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWAMELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MATA KULIAH METROLOGI INDUSTRI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata kuliah Metrologi Industri dengan menggunakan multimedia sebagai alat penyampaian presentasi materi. Berdasarkan jumlah kasus yang terjadi masih banyak siswa yang kurang memahami konsep dan aplikasi pengukuran linear dan pengukuran sudut. Dengan menggunakan model desain Kurt Lewin, subyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa Teknik Mesin di Industri Metrologi kursus yang terdaftar di semester dari bulan Juli sampai Desember 2013, sejumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam prestasi belajar siswa siklus pertama melalui kegiatan praktis adalah 64,81%, setelah siklus kedua tingkat prestasi meningkat menjadi 88,9%. Tingkat pemahaman menggunakan alat ukur juga meningkat, dari 59,3% pada siklus I menjadi 88,9% setelah siklus kedua.
Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, aktifitas belajar, multimedia. Abstract
This research aims to improve students' learning activities in the Industrial Metrology courses using multimedia as a presentation tool delivery of material. Based on the number of cases that occur are still many students who lack an understanding of the concepts and applications of linear measurement and angular measurement. By using the design model Kurt Lewin, the study The subjects used were students of Mechanical Engineering in Industrial Metrology courses registered in semester from July to December 2013, with the number 18. The results showed that in the first cycle student achievement through practical activities was 64.81%, after the second cycle of achievement level increased to 88.9%. The level of understanding using measuring devices has also increased, from 59.3% in the first cycle to 88.9% after the second cycle.
Keywords : classroom action research, learning activities, multimedia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.