PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BIOLOGI BERORIENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PEWARISAN SIFAT UNTUK KELAS IX

Rahmadhani Fitri, Ramadhan Sumarmin, Yuni Ahda

Abstract


Abstrak

Berdasarkan analisis LKS, ditemukan bahwa tujuan pembelajaran tidak relevan dengan Kompetensi Dasar. LKS yang yang dipakai khususnya pada materi pewarisan sifat juga kurang menarik dan tidak ada tantangan bagi siswa untuk menemukan sendiri, berpikir sendiri, dan bertanya lebih lanjut tentang materi tersebut. Selain itu sajian materi pada LKS belum memberikan contoh-contoh yang nyata bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS biologi berorientasi pendekatan kontekstual pada materi pewarisan sifat untuk kelas IX SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis peneitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan four-D models tanpa tahapan disseminate. Data didapatkan dari hasil validasi dan uji coba perangkat yang dikembangkan. LKS yang telah didesain, divalidasi oleh empat orang pakar dan tiga orang praktisi kemudian di uji coba secara terbatas di kelas IX SMPN 2 Pasaman untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas perangkat yang dikembangkan. Hasil penelitian didapatkan bahwa LKS yang dikembangkan pada pembelajaran IPA biologi berorientasi pendekatan kontekstual pada materi pewarisan sifat untuk kelas IX dinyatakan sangat valid, praktis, dan cukup efektif.

Kata Kunci: LKS, Pendekatan Kontekstual, Pewarisan Sifat. Abstract

Based on analysis of the student worksheets, its found that the purpose of learning topic is not relevant with base competency yet. The student worksheet that are used, especially in the topic of inheritance are also no interesting and a challenge for students to find, to think, and ask by himself about the topics. Beside it, the examples of learning topic and the student worksheet is not give the real ones for student yet. This study aimed to result the student worksheets, form in contextual approach to biology-oriented on the topic of inheritance for the student at grade IX of junior high school are valid, practical, and effective. This is the development research. The research used a four-D models without disseminate phase. The data came from validation and testing device developed. The student worksheet that has been designed, validated by four experts and three practitioners, and then testing in limited in grade IX of SMPN 2 Pasaman to know the practicalities and effectiveness of instrument developed. The result show that the student worksheets has been developed for biology science oriented contextual approach on the subject of inheritance for IX grade are very valid, practical, and effectiveness.

Keywords : the student worksheet, contextual approach, inheritance.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.