MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE KERJA LABORATORIUM YANG DILENGKAPI LEMBARAN KERJA SISWA PADA KOMPETENSI DASAR KESETIMBANGAN KIMIA

Elinar Elinar

Abstract


Abstrak

Masalah yang ditemukan adalah rendahnya kualitas pembelajaran yang sebabkan karena kurangnya aktivitas siswa dan kreativitas dalam mempelajari kimia. Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui alat dan bahan kimia yang akan diterapkan. Suatu tindakan yang telah dilakukan melalui kerja laboratorium, yang digunakan whorksheet siswa sebagai komponen untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar kimia di kelas XI SMAN 1 Ranah Pesisir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dalam pembelajaran dengan metode kerja laboratorium menggunakan 'whorksheet sebagai upaya untuk meningkatkan siswa siswa kegiatan belajar kimia. Tindakan ini dilakukan selama enam pertemuan di dua siklus. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat pencapaian pencapaian aktivitas belajar siswa pada siklus pertama adalah 70% dan siklus II adalah 90%. Berdasarkan evaluasi, dari prestasi belajar siswa ada perbaikan dari siklus I ke siklus II.

Kata kunci :Aktivitas belajar, kesetimbangan kimia, metode kerja laboratorium Abstract

The problem found was low quality of learning which is coused by lack of students’ activy and creativity in studying chemistry. Most of them do not kno the tools and materials of chemistry subjeck. An action has been done through laboratory work, which used student’s whorksheet as an affort to increase students’ activities in learning chemistry at grade XI of SMAN 1 Ranah Pesisir. The purpose of this research is know the effect of in playing, laboratory work method using students’ whorksheet as the effort to increase students’ activities in learning chemistry. This action is done for six meetings at two cycles. The result shows that the achievement of the students at the first cycle is 70% and the second cycle is 90%. From the students learning achievement there is improvement from the first cycle to the second cycle. Based on the evaluation, there is an improvement from the first cycle to the second cycle.

Keywords: learning activity, chemical equilibrium, methods of laboratory work


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.