PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I MELALUI MEDIA KARTU BILANGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 58 PAYAKUMBUH DAYA BANGUN KOTA PAYAKUMBUH

Helma Helma

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meneliti peningkatan hasil belajar matematika kelas I melalui media kartu bilangan di SD Negeri 58 Payakumbuh. Hal ini dikarekan rendahnya hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 58 Payakumbuh. Untuk meneliti lebih lanjut mengenai hal ini, maka penulis mengambil permasalah penelitian sebagai berikut: Apakah dengan mengunakan media kartu bilangan akan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika di kelas I SD N 58 Payakumbuh? Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melakukan pengamatan dan penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung. Setelah menyelesaikan penelitian ini penulis menyimpulkan pembelajaran yang menggunakan Media Kartu Angka yang bervariasi  menghilangkan kejenuhan siswa dan menghindari siswa dengan pengertian-pengertian yang abstrak.

Keywords


matematika, kartu bilangan, hasil belajar, peningkatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id