Permainan Footprints untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini

Hajeni Hajeni(1), Nurdin Salama(2), Ines Ngkeri(3),
(1) Universitas Muhammadiyah Palopo  Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palopo  Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palopo  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/120680

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak melalui permainan footprints. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal II Kota Palopo. pada penelitian ini subjek yang diteliti adalah anak kelompok B1 Aisyiyah Bustanul Atfhal II Kota Palopo sebanyak 15 orang anak didik, yang terdiri dari enam orang anak laki-laki dan sembilan orang anak   perempuan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengamatan dan dokumentasi. Dari hasil observasi pada kegiatan pra siklus menunjukkan bahwa terdapat 73,3%  anak berada pada kategori BB, selanjutnya 26,6% anak berada pada kategori MB. Pada siklus I terdapat 1 atau 6,6% anak masih berada pada kategori BB, 12 atau 80% anak berada pada kategori MB, 1 atau 6,6% anak berada pada kategori BSH, dan 1 atau 6,6% anak berada pada golongan BSB dengan nilai rata-rata 61,6%. Pada siklus II terdapat 2 atau 13,3% anak berada pada kategori BSH dan 13 atau 86,6% anak berada pada kategori BSB dengan nilai rata-rata persentase keseluruhan sebanyak 94,15%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa permainan footprints dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Oleh karena itu peneliti berharap permainan footprints ini dapat digunakan oleh setiap Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.


Article Metrics

 Abstract Views : 48 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.