Penyegaran Pengetahuan Perancangan Materi Ajar Pelajaran Seni Budaya di MGMP Seni Budaya

Gustia Arini(1), Delvia Mona(2), Darmawati Darmawati(3),
(1) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 
(3) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v23i1.115269

Full Text:    Language : id

Abstract


Pelatihan materi ajar mata pelajaran Seni Budaya pada MGMP Seni Budaya Tingkat SMP/MTs Kota Payakumbuh dilaksanakan karena belum maksimalnya materi ajar yang diberikan oleh guru-guru kepada peserta didik. Hal ini disebabkan karena latar belakang keahlian guru yang berbeda-beda, guru-guru hanya memiliki satu  keahlian misalnya hanya seni tari, seni musik atau seni rupa saja, hal ini terjadi karena konsentrasi keahlian yang diambil guru-guru pada masa pendidikannya. Namun pada saat mengajar di Sekolah dengan mata pelajaran Seni Budaya guru dituntut harus bisa mengajarkan semua bidang seni tersebut sesuai dengan kurikulum dan silabus yang ada, sehingga guru merasa kurang sempurna dan tidak tuntas dalam memberikan materi yang bukan bidangnya. Para guru membutuhkan ilmu, pengetahuan, keterampilan yang baru ataupun masukan dari para ahlinya mengenai materi ajar yang dapat diberikan di sekolah. Metode yang digunakan yaitu dengan melaksanakan pelatihan dengan mendatangkan para ahli atau narasumber dari ketiga bidang seni budaya yaitu seni tari, seni musik dan seni rupa. Dimana narasumber akan memberikan materi teori dan praktik yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Hasil dari pelatihan materi ajar ini yaitu dapat menambah  pengetahuan dan keterampilan yang diberikan (soft skill dan hard skill), Sehingga guru-guru dapat memberikan ilmu yang tepat dan proses yang benar kepada para siswanya sesuai dengan materi ajar yang dituntut pada kurikulum dan silabus pembelajaran.


References


Hakim, R. (1981). Pembelajaran Seni Budaya di Era Global (Sebuah Tantangan Baru yang Dihadapi oleh Pendidik Seni). ISLA FBS Univ. Negeri Padang.

Susatya, E. (2013). Pengembangan Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Seni dan Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i1.111

James. R.Brandon. 1989. Jejak-jejak Seni Pertunjukan di Asia Tenggara. Isi Yogyakarta Press.

Zubaidah, Erwin, Mediagus, Nessya Fitriyona,2016. Pembinaan Guru Seni Budaya Smpn 3 Dan Smpn 4 Kota Bukittinggi Dalam Pembelajaran Keterampilan Sub Bidang Studi “Tenun Bergambar”. Pengabdian Masyarakat.UNP.file:///C:/Users/user/Downloads/1.%20Ranah%20Seni%20Sept%202017.pdf


Article Metrics

 Abstract Views : 197 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.