Language Competency and Civic Education

Craig L Dicker

Abstract


Tiga pendekatan terhadap Pendidikan Kewarganegaraan, yaitu pemahaman tentang struktur pemerintahan, pengem-bangan nilai-nilai dan sikap siswa, serta penguasaan ketrampilan yang diperlukan sebagai warga negara, menghendaki agar siswa mampu untuk berdebat, menilai, menganalisis, aktif mengemukakan opini sendiri, kemampuan negosiasi, membaca secara kritis, dan ketrampilan-ketrampilan yang diperlukan sebagi warga negara yang hidup di alam demokrasi. Kemampuan seperti ini sama dengan bentuk-bentuk kemampuan yang dikehendaki dalam penguasaan bahasa secara formal atau CALP (Cognitive Academic Language Proficiency). Sheltered Content Approach, yaitu melaksanakan pengajaran bahasa berdasarkan materi pelajaran tertentu, merupakan salah satu alternatif dalam penguasaan CALP. Karena itu penulis menganggap dan mengusulkan bahwa materi pendidikan kewarganegaraan dapat menjadi materi dalam pelaksanaan pengajaran bahasa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.