Perbandingan Kinerja Guru Bahasa Inggris SMA Kota Padang Panjang yang Belum dan Telah Sertifikasi Dilihat dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional

Muhammad Zaim(1),
(1) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Sertifikasi guru telah mengangkat harkat dan martabat guru dari sisi kesejahteraan yang diperoleh guru sebagai konsekuensi logis terhadap sertifikat guru profesional yang dimilikinya. Namun, mendapatkan gaji yang besar belum menjamin meningkatnya kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Dari empat kompetensi guru, pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, dua kompetensi, yaitu pedagogik dan profesional berkaitan langsung dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran yang bermutu. Penelitian ini mencoba menganalisis kinerja guru bahasa Inggris yang belum dan telah sertifikasi pada kompetensi pedagogik dan profesional tersebut.

Data diperoleh dari 36 responden yang terdiri dari 16 orang guru SMA Padang Panjang yang belum mengikuti sertifikasi dan 20 orang guru yang telah lulus sertifikasi guru pada tahun ajaran 2010/2011. Data dikumpulkan dengan angket yang menggunakan skala likert berisi penilaian tentang capaian kompetensi pedagogik dan profesional guru yang belum dan telah sertifikasi. Data dianalisis dengan mencari skor rata-rata pada masing-masing kompetensi dan subkompetensi pedagogik dan profesional.

Hasil analisa data menunjukkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik dan profesional guru bahasa Inggris yang telah sertifikasi lebih baik dari guru belum sertifikasi, tetapi pada beberapa subkompetensi tidak ada perbedaan antara kompetensi guru yang belum dan telah sertifikasi.

Kata Kunci: Guru Profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kinerja


Article Metrics

 Abstract Views : 327 times
 PDF Downloaded : 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.