PENERAPAN TEKNIK PRESENTASI MATERI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER GANJIL 2011 UNIVERSITAS RIAU

Hasnah Faizah(1),
(1) FKIP Universitas Riau  Indonesia

Corresponding Author



Abstract


Penggunaan teknik  pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap  proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu,  seorang dosen yang profesional harus bisa memilih teknik yang tepat, supaya tuntutan hasil pembelajaran tercapai secara optimal. Penelitian ini menggunakan  teknik presentasi materi untuk meningkatkan hasil pembelajaran Arab Melayu. Setiap mahasiswa harus mampu mempresentasikan materi-materi yang sudah ditetapkan oleh dosen yang berpedoman pada silabus mata kuliah Arab Melayu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.  Data dalam  penelitian ini dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, evaluasi, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo  dan dokumen resmi lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP  2011, sedangkan sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester ganjil yang mengambil mata kuliah Arab Melayu sebanyak lima puluh orang.  Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Hasil pembelajaran pada siklus pertama masih terdapat empat orang mahasiswa yang belum optimal. Hasil pembelajaran pada siklus kedua, semua mahasiswa  sudah mencapai optimal. Berdasarkan hasil penelitian terdapat  peningkatan hasil belajar Arab Melayu dengan menggunakan teknik presentasi materi. Jadi, ada hubungan yang signifikan antara teknik presentasi materi dengan  kemampuan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah Arab Melayu.

 

Kata Kunci: Teknik Presentasi Materi, Pembelajaran Arab Melayu dan PTK


Article Metrics

 Abstract Views : 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.