FENOMENA CYBERSTALKING AKIBAT DARI GAME ONLINE

Chandra Afif(1),
(1) Politeknik Negeri Jakarta  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v10i1.116206

Full Text:    Language : id

Abstract


Kasus cyberstalking berat belum banyak terjadi di indonesia, namun tidak menutup kemungkinan jika kasus ini terjadi dengan memperhatikan angka pengguna internet di Indonesia kian bertambah. cyberstalking Perilaku mengincar, memojokan ataupun menguntit korban maupun datanya menggunakan media elektronik termasuk kedalam kategori cyberbullying bersamaan dengan cybersquatting dan Cyberterrorism. Salah satu sektor yang banyak menghasilkan bentuk cyberbullying adalah sektor Gaming. Salah satu faktor utama kasus ini terjadi adalah kekalahan pada game online ataupun orang-orang yang menikmati melecehkan orang lain didalam game untuk kepuasan pribadi (internet trolls). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data dari berbagai media seperti jurnal, berita, dan pengalaman langsung, dimana hasil pengolahan data dideskripsikan. Cyberstalking merupakan fenomena yang tak terelakan akibat dari perkembangan teknologi itu sendiri, pada beberapa kasus pelaku cyberstalking melakukan tindakannya dengan cara mencari data-data korban melalui media sosial dan memanfaatkan data-data tersebut untuk kepentingan pribadi, orang lain atau bahkan kelompok.

References


ADL. (2020, November 18). ADL. Retrieved january 23, 2022, from More than 80 Percent of U.S. Online Gamers Have Experienced Harassment: https://www.adl.org/news/press-releases/more-than-80-percent-of-us-online-gamers-have-experienced-harassment-new-adl

Awati, R. (n.d.). Cyberstalking. Retrieved january 23, 2022, from TechTarget: https://www.techtarget.com/searchsecurity/definition/cyberstalking

Brenner, S. W. (n.d.). Cybercrime and The Law, Challenges, Issues and Outcomes. Boston: Northeastern University .

Crowell, H. (n.d.). Why is World of Warcraft so Succesful. Retrieved january 24, 2021, from street directory: https://www.streetdirectory.com/travel_guide/35489/gaming/why_is_world_of_warcraft_so_successful.html#:~:text=World%20of%20Warcraft%20is%20a,charming%2C%20sublime%20look%20to%20it.

David, S. W. (n.d.). Cybercrime, The Transformation of Crime in the Information Age. United Kingdom: Polity Press.

Garner, B. A. (2019). Black's Law Dictionary. United state: thomson west.

Octora, R. (2019). PROBLEMATIKA PENGATURAN CYBERSTALKING (PENGUNTITAN DI DUNIA MAYA) DENGAN MENGGUNAKAN ANNONYMOUS ACCOUNT PADA SOSIAL MEDIA. Jurnal Hukum Bisnis dan Investasi.

Perkasa, R., Nyoman, S., & Turisno, B. (2016). Perlindungan Hukum Pidana Terhadap Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online (E-commerce) di Indonesia. Diponegoro Law Journal.

Reiss, M. D., Curbow, A. B., & Wang, M. Q. (2021). Young Adults’ Perceptions of Intimate Partner Cyberstalking: Behaviors, Severity, and Associations with Depressive Symptoms and Social Isolation. Sexuality & Culture.

Rollings, A., & Adams, E. (2006). Fundamentals of Game Design. Prentice Hall.

Sapira, M. (2021, november 3). Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online. Retrieved january 23, 2021, from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/maulidasapira/5ebe294a097f361094504ae5/dampak-positif-dan-negatif-bermain-game-online?page=all#section1

Sharf, A., Saeed, A., Swera, S., & Muhammad, A. (2020). Ethical Issues of Cyberstalking and Personal Privacy in Pakistan: A Literature Survey. Journal UPI.

Troutner, A. (2021, november 4). What Is Cyberstalking? How to Recognize The Risks and Protect Yourself. Retrieved january 24, 2022, from VPN Overview: https://vpnoverview.com/internet-safety/cybercrime/what-is-cyberstalking/

Unicef. (2020). Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya. Retrieved january 24, 2022, from unicef: https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/apa-itu-cyberbullying#:~:text=Dampak%20bagi%20korban%3A,agresif%20kepada%20teman%20dan%20keluarga

Yusaputra, M. I., Sari, D. F., Utama, R. R., & Husnuzan, A. (2018). OPINI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI TERHADAP FENOMENA. Jurnal Untad.


Article Metrics

 Abstract Views : 1705 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.