THE INFLUENCE OF MARKETING MIX TOWARDS ART SHOP’S SALES IN PASAR ATAS BUKITTINGGI

Okki Trinanda

Abstract


Sektor pariwisata sering menjadi prioritas pembangunan sebuah kota yang kemudian memicu pembangunan-pembangunan di sektor-sektor lain seperti ekonomi dan perdagangan. Di Bukittinggi, kota yang telah mendaklarasikan dirinya sebagai Kota Wisata, sektor pariwisata telah memberikan banyak dampak positif bagi masyarakatnya, terutama kepada para pemilik Art Shop di Pasar Atas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Bauran Pemasaran terhadap penjualan pada art shop-art shop di Pasar Atas Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling method. Dan analisis yang digunakan diantaranya simple linear correlation, multiple regression analysis dan wisestep analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara individual terdapat tiga variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap penjualan, yaitu: produk, distribusi/ tempat, dan promosi, (2) produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan, (3) berdasarkan wisestep analysis, terdapat tiga variabel (produk, harga, dan promosi) yang memiliki hubungan yang kuat terhadap penjualan.

 

Keywords: Marketing mix, product, price, place, promotion, sales, souvenirs, art shops


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.