Cover Image

Kajian air tanah lapangan terbang TNI AU padang, Sumatera Barat

Ahmad Fadhly, Pito Julianda, Angga Saputra

Abstract


Sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan air baku untuk kebutuhan kegiatan PENASTANI di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Melalui swasta merencanakan ketersediaan dan penambahan kapsitas kebutuhan air bersih, maka untuk mendukung program tersebut perlu diketahui potensi airtanah di lokasi Lapangan Udara Tabing. Dalam penyelidikan airtanah ini dilakukan pengukuran geolistrik dengan metode Schlumberger. Survei geolistrik dilokasi ini untuk menduga kondisi bawah permukaan, khususnya macam batuan berdasarkan sifat kelistrikan batuan berdasarkan nilai resistifity. Perbedaan sifat kelistrikan batuan antara lain disebabkan karena perbedaan macam mineral penyusun, porositas dan permeabilitas batuan dan sebagainya. Dalam laporan ini disajikan mengenai latar belakang penelitian, metodologi pelaksanaan pekerjaan, hasil penelitian dan rekomendasi yang dapat disampaikan dari penelitian ini. Selanjutnya diharapkan laporan ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi perencanaan dan studi kelayakan lokasi Lapangan Udara Tabing Kota Padang Provinsi Sumatera Barat untuk sarana pemenuhan air baku dengan sumur bor, dalam rangka kebutuhan air baku bagi kegiatan.


Keywords


PENASTANI; Geolistrik; Komponen Mineral; Porositas Dan Permeabilitas; Sumur Bor

Full Text:

PDF

References


Bemmelen Van, R.W. 1949. The Geology of Indonesia. Martinus Nyhoff, Netherland: The Haque.

Kastowo, Leo, G.W, Gafoer, Amin, T.C. 1996. Peta Geologi Lembar Padang, Sumatera. Direktorat Geologi (Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Deparatemen Pertambangan dan Energi bekerjasama dengan US Geological Survey dalam pengawasan USAID (Biro Amerika Serikat untuk Pengembangan Internasional.

Akinnigbagbe AE, Quadri AD, Ilori Oluwatobiloba J, (2021), Metode Resistivitas Listrik untuk pengembangan air tanah/lubang bor, Owo LGA, Ondo State, Nigeria, J Geol Geophys, Vol.10 Iss.6 No:1000p461

Astier, (1971). Aplikasi Geofisika al Hidrogeologi, Masson & Cie, Editor Paris.

De Rieder, (1994). "Hidrogeologi Terapan", Edisi Ketiga, Prentice-Hall Inc, Amerika Serikat,

Deller, (1966). Prinsip Pembumian Listrik. Hak Cipta Dilindungi Pfeiffer

Rekayasa Co, IncAkinnigbagbe AE, Quadri AD, Ilori Oluwatobiloba J, (2021), Metode Resistivitas Listrik untuk pengembangan air tanah/lubang bor, Owo LGA, Ondo State, Nigeria, J Geol Geophys, Vol.10 Iss.6 No:1000p461

Zeh, C., & Ugwu. (2010). Sounding Geolistrik untuk Memperkirakan Potensi Air Tanah di Nsukka L. G. A. Negara Bagian Enugu Nigeria. Jurnal Internasional Ilmu Fisika , 416-420.

Ibe, K.K., & Akaolisa, C. (2010). Investigasi Geolistrik dari Parameter Hidro-Geofisika yang Terkendali Secara Geologis di Area Barang Nigeria Tenggara. Jurnal Internasional Ilmu Fisika(5/4),358-364.

Osid, Syamsu., (2008). Catatan Kuliah Metode Geomagnetik. Departemen Fisika, FMIPA UI Depok

Telford, W.M., Geldart, L.P., Sheriff, RE, (1990). Geofisika Terapan Kedua Edisi. Cambridge: Cambridge University Press.

Todd, K., (1955). Aliran Air Tanah dalam Hubungannya dengan Aliran Penggenangan. Saya. Soc.Teknik Sipil. Proc., 81 Terpisah No. 628, 1-20.

Todd, DK, (1980). Hidrologi Air Tanah, John Wiley and Sons, New York.

Usman Baso, Manrulu Hi Rahma, Nurfalaq Aryadi & Rohayu Emi, (2017), Identifikasi Akuifer Air Tanah Kota Palopo Menggunakan Konfigurasi Schlumberger

Walton, W.C. (1970) Evaluasi Sumber Daya Air Tanah. McGraw Hill Book Co, New York




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.124428

Copyright (c) 2023 Ahmad Fadhly, Pito Julianda, Angga Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id