Cover Image

Kajian Perubahan Rumah dan Kawasan di Kluster Puspita Loka, BSD City

Harry Miarsono, Retno Fitri Astuti

Abstract


Puspita Loka merupakan salah satu kluster tertua dan terbesar di BSD City, Tangerang Selatan, yang dibangun pada awal tahun 1990-an. Kluster ini direncanakan dan dikembangkan sebagai bagian dari kota satelit yang mendukung kegiatan kota Jakarta. Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pemilik rumah, mereka telah melakukan perubahan luas lantai, fungsi dan bentuk rumah, yang pada pada akhirnya mempengaruhi bentuk kawasan perumahan. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi lapangan serta didukung dengan survei terhadap pemilik rumah dan pengurus paguyuban. Data dikumpulkan dari responden melalui elektronik kuesioner yang disebarkan lewat Whatsapp dan telah terkumpul sebanyak 20 pemilik rumah yang menjawab survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemilik rumah melakukan perubahan rumahnya tanpa memperhatikan peraturan bangunan.  Namun demikian, perubahan tersebut dapat terkendali karena peran paguyuban warga yang bertindak sebagai pengawas kluster. 


Keywords


Perubahan rumah; peraturan bangunan; paguyuban warga.

Full Text:

PDF

References


Helen, Nurrul; Annisa, Laili Dewi; Dewi, Oriana Paramita, “Kajian Perubahan Tatanan Ruang Hunian di Perumahan Sabrina Azzura, Bekasi, Jawa Barat”. Gewang Vol. 5 No.1, April 2023.

Imriyanti, “Pengaruh Kebutuhan Ruang Terhadap Pengembangan Rumah Tipe 21 dan Tipe 36 di Perumnas Antang Manggala Makassar”. Jurnal Linears, Vol. 3, Maret, 2020.

[ Yuliastuti, Nany; Sukmawati, Annisa Muawanah. “Transformasi Perumahan Sosial dan Keberlanjutan Perumahan di Perumnas Sendangmulyo”. Jurnal Pengembangan Kota, Volume 4, No 1, 2016.

Khadiyanto, Parfi, “Penyebab Terjadinya Pelanggaran Terhadap Koefisien Dasar Bangunan di Kelurahan Gedawang Banyumanik Semarang”. Jurnal Ruang, Volume 2 Nomor 3, 2016.

Agustina, Enny. “Penegakan Terhadap Pelanggaran Persyaratan Izin Mendirikan Bangunan Untuk Kegiatan Bisnis Ditinjau Dari Hukum Administrasi”. Justicia Sains, Vol. 03 No. 01, Juni 2018.

Nazir, Ahmad, “Peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Dalam Pembangunan Daerah di Kota Tangerang”. Jurnal Mandiri, Volume 2, No. 2, Desember 2018.

Barlan, Zessy Ardinal; Kolopaking, Lala M; Sunito, Satyawan. “Peran Paguyuban Dalam Pembangunan Pembangunan Kawasan Desa”. Sodality : Jurnal Sosiologi Pedesaan, Agustus 2014.

Suparno, Suparno; Astriecia Aisha. “Tipologi Perubahan Fungsi Rumah Di Kampung Soropadan Sebagai Dampak Dibangunnya Pusat Perbelanjaan Hartono Mall Yogyakarta”. Inersia, Volume 18, No. 1, 2022.

Sestiyanti, Efri; Sarifuddin, “Identifikasi Perubahan Perumahan di Perumahan Bumi Wanamukti”. Jurnal Pengembangan Kota, Vol.3, No. 1, 2015.

Sharastuti, Lintang; Yanzi Hermi; Nurmalisa, Yunisca. “Peranan Paguyuban Masyarakat Bersatu (Pambers) dalam Mewujudkan Harmonisasi Warga Masyarakat”. Jurnal Kultur Demokrasi, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.123686

Copyright (c) 2023 Harry Miarsono, Retno Fitri Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id