Cover Image

Pengaruh Posisi Dinding Geser Terhadap Kinerja Struktur Gedung Tak Beraturan Akibat Beban Gempa

M Hafizh Gusra, Sabril Haris, Ruddy Kurniawan

Abstract


Pemanfaatan lahan yang terbatas menghasilkan desain bangunan/gedung yang tak beraturan. Bangunan/gedung tak beraturan akan memiliki perilaku serta kinerja tersendiri dalam menerima beban. Karena itu diperlukan sistem struktur dinding geser dalam memerima beban gempa. Posisi dinding geser yang tepat akan menghasilkan perilaku dan kinerja yang ideal bagi struktur. Tujuan penelitian ini untuk menentukan posisi dinding geser yang ideal dalam menerima bebaan gempa.  Metode penelitian ini adalah studi numerik dengan analisis pushover menggunaka program ETABS V 16. Terdapat satu model tanpa dinding geser dan lima model dengan posisi dinding geser yang berbeda-beda. Layout model penelitian ini berbentuk L berlokasi  di Kota Padang dengan kondisi tanah sedang. Hasil penelitian menunjukkan posisi dinding geser model 1 yang berada pada ujung bangunan memiliki perilaku yang ideal dalam menerima beban gempa berdasarkan pengecekan persyaratan SNI 1726 2019 dan memiliki tingkat kinerja kategori damage control berdasarkan ATC-40 1996 yang berarti bahwa bangunan mengalami kerusakan tetapi tidak diperkenankan mengalami keruntuhan yang menyebabkan korban jiwa manusia (resiko korban jiwa sangat rendah).


Keywords


Pushover; Perilaku Struktur; Kinerja Struktur, damage control.

Full Text:

PDF

References


Nurul Anggraini U.I., Imran Imran, dan Mufti A. sultan, “Analisa Letak Dinding Geser (Shear Wall) Terhadap Perilaku Struktur Gedung Akibat Beban Gempa,” Techno: Jurnal Penelitian, vol. 08, no. 02, hlm. 297-307, 2019. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Techno

Iswandi Imran, dan Fajar Hendrik, (2010), “Perencanaan Struktur Gedung Beton Bertulang Tahan Gempa,” Penerbit ITP: Bandung.

Yudha Lesmana, (2020), “Handbook Analisis dan Desain Shear Wall Beton Bertulang Dual Sistem Berdasarkan SNI 2847-2019 dan 1728-2019 Edisi Pertama,” Andi Yogya: Yogya.

G. Andalas, S. Suyadi, dan H. R. Husni, “Analisis Layout Shear Wall Terhadap Perilaku Struktur Gedung,” Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, vol. 01, no. 01, hlm. 491-502, 2016.

H. Manalip, E. Kumaat, dan F. I. Rutu, “Penempatan Dinding Geser pada Bangunan Beton Bertulang dengan Analisis Pushover,” Jurnal Ilmiah Media Engineering, vol. 05, No. 01, hlm. 283-293, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jime.

Applied Technology Council, ATC-40 (1996), “Seismic Evaluation and Retrofit of Concrete Buildings,” Redwood City: California, U.S.A.

SNI 1726 2019 "Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung Dan Non Gedung,"




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.123470

Copyright (c) 2023 M. Hafizh Gusra, Sabril Haris, Ruddy Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id