Cover Image

Studi Optimasi Kombinasi Alat Berat pada Penambangan Batu Gamping PT Zila Jaya Nusantara di Alahan Panjang

Ari Syaiful Rahman Arifin, Nining Nofia Putri

Abstract


Penggunaan alat berat dalam pekerjaan konstruksi maupun penambangan sangat diperlukan untuk membantu mempermudah pekerjaan dan mempersingkat waktu pekerjaan terutama skala menengah ke atas, disisi lain penggunaan alat berat memerlukan biaya yang besar sehingga perlu dibuat perencanaan dan analisa yang baik supaya alat berat berfungsi optimal. Penambangan Batu Gamping oleh PT Zila Jaya Nusantara di Alahan Panjang ini merupakan salah satu contoh  proyek yang mmebutuhkan alat berat, sehingga perlunya manajemen dalam efisiensi waktu dan biaya penggunaan alat berat. Tujuan penelitian ini adalah mencari solusi alternatif kombinasi alat berat yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan sehingga semua alat berproduksi optimal dari segi waktu dan biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menghitung produktivitas alat berat, menghitung biaya operasional, dan membentuk kombinasi. Hasil analisis menunjukan kombinasi saat ini di lapangan waktu yang didapat yaitu maksimal pekerjaan dalam 29 hari dengan total biaya Rp 1.796.358/jam. Kombinasi Alternatif I dengan waktu kerja maksimal 14 hari dan total biaya Rp 2.083.388/jam. Kombinasi Alternatif II dengan waktu maksimal pekerjaan dalam 29 hari dan total biaya yang dikeluarkan Rp 2.464.167/jam. Kombinasi Alternatif III dengan waktu maksimal pekerjaan dalam 28 hari dan total biaya yang dikeluarkan Rp 2.504.912/jam. 


Keywords


Alat Berat; Produktivitas; Kombinasi; Biaya; Waktu.

Full Text:

PDF

References


Hendriawan, Nandang & Mutaqin, Aditya. (2013). “Dampak Kegiatan Penambangan Pasir kuarsa Terhadap Lingkungan di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis.” Laporan Penelitian. Universitas Siliwangi.

Sukandarrumidi. (1998). “Bahan Galian Industri.” Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Bahri, dkk. (2015). “Estimasi Cadangan Batu Gamping di Desa Melirang, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik dengan Metode Resistivitas 2-Dimensi.” Jurnal Geosaintek. Hlm. 15-24.

Oppu Sungu, Syahputra R.B. (2017). “Pola Penyebaran Batu Gamping Bawah Permukaan Daerah Kasumpat Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat dengan Menggunakan Metode Geolistrik Schlumberger.” Laporan Penelitian. Universitas Negeri Medan.

Heryandi, Djurindar P. (2018). “Analisis1produktivitas Kombinasi Alat Berat pada Pekerjaan Pemindahan Tanah Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Fakultas Hukum UII.” Laporan Penelitian. Universitas Islam Indonesia.

Nazir, Moh. Ph. D. (2009). “Metode Penelitian.” Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No 1. (2022). Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.

Arifin, Ari Syaiful Rahman. (2023). “Alat Berat dan PTM: Alat Gali (Excavator).” Padang: Universita Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.123436

Copyright (c) 2023 Ari Syaiful Rahman Arifin, Nining Nofia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id