Cover Image

Desain Frame Waterway pada Drainase terhadap Penanganan Banjir di Kota Padang

Silta Yulan Nifen, Ichsanul Fajri

Abstract


Saat hujan pada daerah perkotaan, kondisi genangan air bahkan banjir sering terjadi di jalan-jalan kota. Ini terjadi di ruas jalan di Kota Padang, antara lain Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Kh. Ahmad Dahlan yang terkena banjir. Banyak penyebab yang berkontribusi terhadap banjir, termasuk kondisi cuaca hujan yang cenderung ekstrem, perubahan tutupan lahan membuat semakin tingginya kondisi kedap air pada luasan kawasan, dan saluran yang tidak mencukupi, serta desain Frame Waterway tidak sesuai. Tujuan studi ini adalah untuk menetapkan desain saluran Frame Waterway yang paling efektif. Penelitian ini memanfaatkan data primer dan data sekunder. Untuk data primer yang digunakan perangkat lunak Google Earth dan meter; untuk data sekunder, statistik curah hujan tahunan dari 2012 hingga 2021 dikumpulkan dari PSDA Sumbar. Setelah pengumpulan data, dilakukan pengolahan data yang meliputi pengolahan data hidrologi dengan analisis frekuensi, analisis debit banjir rencana dengan pendekatan Rasional, dan perhitungan kapasitas kerb inlet dan street inlet (Frame Waterway). Berdasarkan hasil analisis dan simulasi, maka direncanakan bentuk dimensi Street Inlet pada sisi kiri dan kanan jalan setiap 12 meter, menghasilkan dimensi 37x31cm dengan ukuran grid 3x21cm sebanyak 4 lubang.


Keywords


Genangan, Drainase, Frame Waterway, Street Inlet, Curb Inlet

Full Text:

PDF

References


Suharyanto, A. (2014). Desain Street Inlet Berdasarkan Geometri Jalan Raya. Rekayasa Sipil.

Nicklow, J.W. and Hellman A.P., (2004), Optimal Design of Storm Water Inlets for Highway Drainage, Journal of Hydrroinformatics

Suripin. (2004) . Limpasan (Permukaan Air Tanah) Runoff. (online). Diakses pada tanggal 30 September 2014 .

Suripin. (2004). Sistem Drainase Kota Berkelanjutan. Andi Offset,Yogyakarta. Indonesia.

Departemen Pekerjaan Umum. (2006). Pedoman Perencanaan Sistem Drainase Jalan Pd. T-02-2006-B. Departemen Pekerjaan Umum.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.123309

Copyright (c) 2023 Silta Yulan Nifen, Ichsanul Fajri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id