Cover Image

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Proses Pembelajaran Praktek Bangunan 1 Universitas Negeri Semarang

Retno Mayasari, Eko Nugroho Julianto

Abstract


Sumber daya manusia yang berkuliatas dan mampu berdaya saing pada era globalisasi merupakan salah satu tujuan dari suatu pendidikan. Salah satu penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada dunia pendidikan yaitu dilakukan pada proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran praktikum. Kebiasaan yang baik dapat mempengaruhi bagaimana pekerja berperilaku terhadap keselamatan kerja, yang ditunjukkan dengan berperilaku aman di tempat kerja. K3 telah diterapkan pada mata kuliah praktek bangunan 1 mahasiswa prodi pendidikan teknik bangunan (PTB) UNNES. K3 diterapkan pada semua proses perkuliahan, mulai dari RPS yang menjadi acuan dosen hingga poster dan SOP K3 di laboratorium. Penelitian ini meneliti perilaku keselamatan dan kesehatan kerja mahasiswa di mata kuliah praktek bangunan 1 prodi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) UNNES, yang terdiri dari 60 mahasiswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada proses pembelajaran praktek bangunan 1 mahasiswa Pendidikan teknik bangunan (PTB) ini dilihat dari tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun kognitif merupakan perilaku yang menekankan pada intelektual seperti pengetahuan dan keterampilan berpikir. Afektif menekankan pada aspek perasaan, seperti minat dan sikap. Sedangkan psikomotor menekankan pada keterampilan motorik. Presentase hasil penelitian menunjukkan aspek kognitif, sebesar 82,85%, aspek afektif sebesar 80,47% dan  psikomotorik sebesar 79,43% presentase tersebut masuk dalam kategori baik.


Keywords


K3; Praktikum; Proses Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Christina, W.Y., Djakfar, Ludfi dan Thoyib, Armanu. 2012. Pengaruh Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Proyek. Konstruksi

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Pendidikan Indonesia. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia – ISSN : 2541 0849, 549(6), 40–42.

Komarudin, D., Kuswana, W. S., & Noor, R. A. (2016). Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3192

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

AR, Murniati dan Nasir Usman. (2009). Implementasi Manajamen Strategi Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan,Cita Pustaka Media Perintis, Bandung

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (1988). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.123247

Copyright (c) 2023 Retno Mayasari, Eko Nugroho Julianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id