Cover Image

Pengembangan Media Miniatur untuk Pembelajaran pada Elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Bunga Mekar Yati, Prima Zola, Risma Apdeni, Fani Keprila Prima

Abstract


Isu yang dibicarakan adalah ketidakoptimalan penggunaan media pembelajaran untuk mempelajari elemen dasar konstruksi bangunan dan perumahan, yang berdampak pada keterbatasan pemahaman peserta didik terhadap materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas, praktikalitas, dan efektivitas media miniatur sebagai alat pembelajaran untuk Elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) sebagai pendekatan utama dalam menciptakan produk baru. Instrumen yang digunakan meliputi angket penilaian media pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi, serta tes tertulis untuk peserta didik. Hasil validasi menggunakan rumus Aiken menunjukkan bahwa media miniatur ini memiliki validitas sebesar 98% dalam aspek penilaian media, menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi. Uji coba praktikalitas produk menunjukkan bahwa media miniatur ini sangat praktis dengan skor sebesar 82%. Selanjutnya, uji efektivitas menggunakan uji Independent sample t-test menunjukkan bahwa penggunaan media miniatur ini secara signifikan lebih efektif dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional dan rumus, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa media miniatur yang dikembangkan melalui pendekatan 4D adalah media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.


Keywords


Media Pembelajaran; Validitas; Praktikalitas; Efektifitas; Elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tentang Sekolah Menengah Kejuruan”, 2013.

Arsyad, A, “Media Pembelajaran”, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013

Ibrahim, R dan Nana Syaodih, “Perencanaan Pengajaran”, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Luh, N., & Ekayani, P, “Pentingnya penggunaan media peserta didik”, Jurnal Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik, 1-16, 2021.

Munadhi, Y, “Media Pembelajaran”, Jakarta: Gaung Persada Press, 2013.

KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Balai Pustaka. Jakarta, 2008.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (mix methods)”, Bandung: Alfabeta, 2015.

Arikunto, S, “Metode peneltian”, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Balai Pustaka. Jakarta, 2005.

Sukmadinata, “Metode Penelitian Pendidikan”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.123015

Copyright (c) 2023 Bunga Mekar Yati, Prima Zola, Risma Apdeni, Fani Keprila Prima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id