Cover Image

Karakteristik Pemilihan Moda Transportasi Menuju Kampus (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang)

Oktaviani Oktaviani, Meificen Pebriani

Abstract


Terjadinya peningkatan jumlah penggunaan kendaraan roda dua di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang mendorong peneliti untuk menyelidiki karakteristik alat  transportasi pilihan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang   yang masih aktif periode Januari-Juni 2023 sebagai responden yang dipilih dengan metode Cluster Random Sampling dengan sampel sebanyak 100 sampel yang terbagi secara proporsional di setiap departemen Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif berdasarkan data survei menggunakan instrumen kuesioner. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan persentase dari pemilihan moda transportasi oleh mahasiswa ke kampus yaitu angkutan pribadi sebesar 51% dan nebeng dengan orang lain 10% dimana rincian penggunakan kendaraan berupa (sepeda motor 58%, mobil 2% dan sepeda 1%), kendaraan umum sebesar 9% (angkot 1%, transpadang 5% dan transportasi online 3%) dan sisanya mahasiswa memilih untuk berjalan kaki 30%. Secara deskriptif, responden menyebutkan waktu perjalanan sebagai faktor yang paling mempengaruhi pilihan moda transportasi mereka  dengan persentase sebesar (38%), diikuti oleh biaya (34%), kenyamanan (15%) dan keselamatan/keamanan (13%). Dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan kendaraan pribadi berupa sepeda motor memiliki persentase terbesar maka pihak kampus harus mempertimbangkan dalam penyediakan lahan parkir untuk kendaraan tersebut. 


Keywords


Moda Transportasi; Faktor Pemilihan Moda.

Full Text:

PDF

References


Ekamarta, Rimamunanda, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi pada Mahasiswa Universitas Lampung. Universitas Lampung. 2018.

Miro, Fidel, Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga. 2012.

Miro, Fidel, Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi untuk Perjalanan Kuliah. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya. . 2015.

Departemen Perhubungan, Produksi dan Konsumsi BBM 2022. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta. 2022.

Djakfar, Ludfi Indriastuti. Amelia. Kusuma, & Nasution, Akhmad Sya’ban, Studi Karakteristik dan Model Pemilihan Moda Angkutan Mahasiswa Menuju Kampus (Sepeda Motor atau Angkutan Umum) di Kota Malang. Jurnal Rekayasa Sipil. (4). 37-51. 2010.

Bastari, Rani & Lambang, Basri, Pemilihan Moda Transportasi Menuju Kampus Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia. Makassar: Universitas Muslim Indonesia. 2018.

Primasari, Dyaning Wahyu, Pemilihan Moda Transportasi ke Kampus Oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya. Surabaya: Indonesian Green Technology Journal Vol. 2. No. 2. 2013.

V.W. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: PT. Alfabet. 2018

Sugiyono. Statika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta. 2019




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.122945

Copyright (c) 2023 Oktaviani, Meificen Pebriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id