Cover Image

Pengaruh Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas XII Mata Pelajaran Estimasi Biaya di SMK Negeri 1 Padang

Nidal Zuwida, Lhatyva Haynunah

Abstract


Masalah yang diangkat adalah Kurangnya kesesuaian model pembelajaran yang telah diterapkan untuk KD 3.10 estimasi biaya sehingga rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi estimasi biaya menyebabkan hasil belajar siswa yang belum maksimal karena 50% dari jumlah siswa dapat nilai dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh PJBL pada kd 3.10. Metode eksperimen semu (quasi experimental research) merupakan model penelitian yang digunakan. Instrumen dipenelitian ini yaitu soal pre test dan post test yang divalidasi oleh para ahli dan di uji pada kelas uji coba sebelum di berikan pada subjek penelitian. Berdasarkan validasi menggunakan rumus Aiken dan uji reliabilitas dari 3 orang ahli menghasilkan bahwa soal yang digunakan layak digunakan pada penelitian dengan keterangana mencapai kriteria untuk setiap aspek yang diajukan pada setiap butir soal sehingga dinyatakan valid. Berdasarkan hasil uji efektivitas dengan uji independent sample t-test memperoleh hasil, dengan t hitung = 4,370 > t tabel = 2,052 dan signifikansi = 0,000 < 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima yang berarti efektivitas penggunaan model pembelajaran PJBL lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Dapat disimpilkan model pembelajaran PJBL menghasilkana capaian berupa peningkatan hasil belajaran siswa pada mata pelajaran estimasi biaya kelas XII SMK Negeri 1 Padang.


Keywords


Model Pembelajaran; Project Based Learing; Validasi; Estimasi Biaya

Full Text:

PDF

References


Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Putra, A. S. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Mekanik Dasar Kelistrikan Kelas X Di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nayono, S. E., & Nuryadin, E. R. (2013). Pengembangan model pembelajaran project based learning pada mata kuliah computer aided design. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 21(4), 340-347.

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1).

Nindya, E. (2018). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery. Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 4(2), 369–374.

Chandra, H. P. (2003). Pengendalian Pelaksanaan Konstruksi Berdasarkan Konsep Nilai Hasil Pada Pembangunan Pabrik X Di Gresik. Civil Engineering Dimension, 5(2), 109-112.

Keputusan Dirjen Pend Dasar Dan Menengah No: 130/D/KEP/KR/201. 2017. Tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.122898

Copyright (c) 2023 Nidal Zuwida, Lhatyva Haynunah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id