Cover Image

Analisis Variabel Kegagalan Penawaran Kontraktor Lokal dalam E-Tendering di Kota Padang

Utami Dewi Arman, Afrilda Sari, Nadra Arsyad

Abstract


Pada umumnya, proyek-proyek pemerintah di kota Padang dilaksanakan oleh kontraktor non-lokal atau kontraktor yang bukan berdomisili di Kota Padang sehingga banyaknya kontraktor lokal yang gagal dalam proses e-tendering. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis vaiabel-variabel kegagalan kontraktor lokal dalam mengikuti proses e-tendering dalam perspektif Pokja-ULP kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, melalui pengumpulan dokumentasi dan survey kuisioner kepada responden dari Pokja ULP kota Padang. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan analisis Relative Importance Index (RII), maka didapatkan beberapa kegagalan-kegagalan kontraktor lokal dalam evaluasi penawaran antara lain ; NPWP perusahaan atau pelunasan pajak selama beberapa tahun terakhir (X.1.3), Surat perjanjian kerja sama (SIKA)(X.2.3), Analisis teknis pekerjaan tidak lengkap (X.2.10), Lingkup kerja (scope of work) tidak lengkap (X.3.3), Surat referensi pengalaman kerja tidak dilampirkan (X.3.10) dan tingginya alokasi biaya overhead proyek yang dimasukkan ke dalam harga penawaran (X.4.3). Dengan mempertimbangkan hal ini, maka diharapkan kontraktor lokal untuk dapat melengkapi dokumen-dokumen terkait administrasi, kualifikasi, analisis teknis pekerjaan serta strategi harga penawaran untuk dapat memenangkan tender.


Keywords


E-tendering; Kegagalan; Kontraktor; Penawaran; Relative Importance Index.

Full Text:

PDF

References


G. C. Abimantara, A. Purwito. “Analisa Kegagalan Kontraktor dalam Proses Tender Sistem E-Procurement pada Proyek Pemkot Surabaya Tahun 2018”. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi Vol. 7, No 1, April 2019, hal 33-41. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

U.D. Arman, A. Sari. “Pelaksanaan E-Procurement di Provinsi Sumatra Barat”. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, Vol 9 No. 3, September 2022.

N. W. Diyah, R.T Komara, S. Djuniati. “Analisa Variabel Kegagalan Kontraktor di Kota Pekanbaru Dalam Proses Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik (E-Procurement)”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik, Volume 2, No. 2, Oktober 2015. Universitas Riau.

I N. R. Karyasa, I M. Alit K. Salain, M. Nadiasa. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gagal Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik (E-Procurement) Di Kabupaten Bandung”. Jurnal Spektran Vol. 2. No. 1, Januari 2014. Universitas Udayana.

D. Masitah. “Analisa Kegagalan pada Proses Tender Pekerjaan Konstruksi di PT. X”. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Kelautan Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden No 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

M. Respawan, I.K Sudarsana, M. Nadiasa. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi dan Nilai Penawaran Peserta Lelang Elektronik (E-Procurement) Jasa Konstruksi di Kabupaten Buleleng”. Jurnal Spektran, Vol. 5, No.1, Januari 2017, hal. 1-87, Universitas Udayana.

D.R. Simalango dan H. Setiawan “Fakto-Faktor Penyebab Kegagalan Kontraktor dalam Evaluasi Penawaran di Daerah Istimewa Jakarta”. Jurnal Teknik Sipil, Volume 15, No. 3, Oktober 2021, hal 133 –142. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

M. Tanubrata, M. Setiaputri. “Proses Evaluasi Penawaran Kontraktor dengan Sistem Nilai (Merit Point System)”. Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 2, Oktober 2010, hal 79-192. Universitas Maranatha.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.122457

Copyright (c) 2023 Utami Dewi Arman, Afrilda Sari, Nadra Arsyad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id