Cover Image

Analisis Kerentanan dan Rawan Banjir DAS Batang Kuranji Kota Padang

Syarief Hidayatullah, Darwizal Daoed, Nurhamidah Nurhamidah, Silta Yulan Nifen

Abstract


Akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya banjir di beberapa daerah di wilayah Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang daerah yang sering terkena banjir adalah kawasan DAS Batang Kuranji. Untuk mengurangi terjadinya banjir maka perlu dikaji tentang Kerentanan dan Rawan Banjir. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kerentanan dan rawan banjir DAS Batang Kuranji. Metode yang digunakan yaitu metode overlay berdasarkan parameter potensi/kerentanan banjir dan rawan banjir yang diberi skor dan pembobotan yang kemudian dianalisis parameter untuk tingkat kerentanan dan rawan banjir pada DAS Batang Kuranji, Kota Padang. Analisis dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Software ArcGIS 10.8, Google Earth dan Microsoft Excel sehingga menghasilkan Peta Kerentanan dan Rawan Banjir. Data yang digunakan adalah Data Curah Hujan, Citra Landsat, Peta Rupa Bumi, Peta Tanah, Peta DEM, Peta DAS Batang Kuranji, Peta Curah Hujan, Peta Penggunaan Lahan, Peta Elevasi DAS Batang Kuranji, Peta Kerapatan Drainase, Peta Klasifikasi Lereng, Peta tanah, Peta Bentuk Lahan, Peta Pembendungan Alami, Peta Lereng Kiri-Kanan Sungai. Dari hasil analisis diperoleh tingkat Kerentanan Rawan Banjir DAS Batang Kuranji dengan tingkat klasifikasi Rentan/Rawan seluas 166,25 Ha atau 0,80% dimana daerah yang mengalami kerentanan rawan berada pada hilir DAS Batang Kuranji yang karena terdapat dataran, rawa-rawa serta daerah pantai yang cenderung berpotensi terkena banjir, sedangkan hulu DAS Batang Kuranji merupakan daerah pegunungan atau perbukitan.


Keywords


Kerentanan; Rawan; Banjir; Curah hujan; DAS Batang Kuranji.

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (2021). Data Bencana Banjir Provinsi Sumatera Barat. BNPB. Jakarta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). (2021). Data Bencana Banjir Kota Padang. BPBD. Kota Padang.

Hidayat, Benny. (2014). Memahami Bencana Banjir di Kota Padang Dengan Content Analysis Artikel Berita.https://www.researchgate.net/publication/282731008 diakses pada 20 Februari 2022.

Putra, Hamdi Maulana (2021). Pemanfaatan Citra Sentinel 2A dan Data DEM untuk Pemetaan Kawasan Banjir di Kota Padang. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Muhammad, Yofanda (2017). Evaluasi Tingkat Kerentanan Daerah Rawan Banjir di Daerah Aliran Sungai Gasan Gadang Menggunkan Sistem Informasi Geografis. Prosiding 4th Andalas Civil Engineering (ACE) Conference 2017, 9 November 2017, Universitas Andalas, Padang. Jurusan Teknik Sipil Unand, 325-334.

Paimin, dkk. (2010). Sidik Cepat Degradasi Sub Daerah Aliran Sungai (SUB DAS), Bogor. Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan.

Paimin, dkk. (2012). Sistem Perencanaan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Bogor. Kementerian Kehutanan Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi (P3KR).

Aziz, M. Latiful. (2012). Pemetaan Tingkat Kerentanan dan Tingkat Bahaya Banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo Bagian Tengah di Kabupaten Bojonegoro, 33(2), 187-211.

Dahlia, Siti. (2021). Modul Pembelajaran Geografi Kebencanaan. Kota Bandung - Jawa Barat, Media Sains Indonesia.

Daoed, Darwizal. (2016). Predictions of Vulnerability Flood and Flood Prone Areas in Watershed West Sumatra Province using Arc-GIS and Category Value. International Journal of Eerth Sciences and Engineering, June 2016.

Nurhadi. (2016). Analisis Kerentanan Banjir dan Penanggulangan Bencana di Daerah Aliran Sungai Code Kota Yogyakarta, 33(2), 187-211.

Purnawali, Setiawan. (2018). Analisis Kerentanan Bencana Banjir di Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh, 33(2), 187-211.

Asdak, Chay. (2010). Hidrologi dan Pengelolaa Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta. Gadjah Mada Universitas Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.122344

Copyright (c) 2023 Syarief Hidayatullah, Darwizal Daoed, Nurhamidah, Silta Yulan Nifen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id