Cover Image

Evaluasi Sistem Proteksi Kebakaran pada Gedung Kemuning RSUD Dr. Adnaan WD Kota Payakumbuh

Muhammad Wafiq, Muhammad Giatman, Fitra Rifwan

Abstract


Keselamatan dari Penghuni Suatu bangunan bertingkat sangat penting terutama gedung rumah sakit. Penelitian ini dilakukan untuk membahas bagaimana sistem proteksi kebakaran pada sebuah bangunan gedung rumah sakit, yaitu gedung Kemuning RSUD Dr.Adnaan WD Kota Payakumbuh dalam pemenuhan persyaratan sesuai dengan peraturan terbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai keandalan dari sistem proteksi kebakaran pada gedung Kemuning, mulai dari nilai perlantai hingga nilai secara keseluruhan bangunan gedung, nilai akan dimasukkan kedalam rumusuntuk mendapatkan nilai dalam satuan persen(%) dan akan disesuaikan dengan tabel nilai tingkat keandalan. Penelitian ini dilakukan dengan cara pemeriksaan secara kasat mata ke lokasi gedung berada, dengan melakukan ceklis(√) terhadap tabel pemeriksaan. Pengukuran apa bila diperlukan, maka akan dilakukan pemeriksaan secara manual menggunakan meteran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keandalan sistem proteksi kebakaran pada gedung Kemuning masih masuk dalam kategori kurang untuk perlantainya dan nilai keandalan untuk keseluruhan gedung dalam pemenuhan prasyarat sistem proteksi kebakarannya adalah kurang dengan angka 36.3% yang memenuhi persyaratan.


Keywords


Keandalan Gedung; Sistem Proteksi; Kebakaran; Gedung Bertingkat

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Indonesia RI. (2002). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2002 TENTANG BANGUNAN GEDUNG.

. Mentri Kesehatan, R. (2016). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA.

viranty, hadisya. (2021). SISTEM PERAMALAN JUMLAH KEMUNCULAN TITIK API KABUPATEN BENGKALIS PROVINSI RIAU MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI.

Jasmaranti, J., & Giatman, M. (2022). ANALISIS PENGENDALIAN MUTU FISIK STRUKTUR PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN SBSN KAMPUS III UIN IMAM BONJOL PADANG (Vol. 3, Issue 2).

Saputra, W. D., Kridawati, A., & Wulandari, P. (2019). Studi analisis manajemen dan sistem proteksi

Sukardi, & m, giatman. (2017). An Evaluation of Electrocity Construction Server Industrial Needs-Based Electrical Installer.

Rifwan, F., & Rizqullah, A. (2021). ANALISIS EFEKTIVITAS JALUR EVAKUASI DAERAH SEKTOR 6 PETA EVAKUASI KOTA PADANG (Vol. 8, Issue 3). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/index

Harmanto, O., Widjasena, B., Bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja, S., & Kesehatan Masyarakat, F. (2015). ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM EVAKUASI PASIEN DALAM TANGGAP DARURAT BENCANA KEBAKARAN PADA GEDUNG BERTINGKAT DI RUMAH SAKIT X SEMARANG (Vol. 3, Issue 3). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm

Tim UJDIH BPK Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2017). Syarat Bangunan Gedun.

Saputri, H. R., Suasti, Y., Prarikeslan, W., Studi, P., & Geografi, P. (2019). KETERSEDIAAN SISTEM PROTEKSI AKTIF DAN SARANA PENYELAMATAN UNTUK MENGHADAPI BENCANA KEBAKARAN DI KAMPUS AIR TAWAR UNIVERSITAS NEGERI PADANG.

Hesna, Y., Hidayat, B., & Suwanda, S. (2009). Evaluasi penerapan sistem keselamatan kebakaran pada bangunan gedung rumah sakit dr. M. Djamil padang. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand), 5(2), 65–76.

Oktavia Andreas, L., rifwan, fitra, gusmareta, Y., & Silalahi, juniman. (2018). Pengenalan Bencana Dan Zona Evakuasi Dalam Bentuk Kesiapsiagaan Berbasis Kearifan Lokal Bagi Generasi Muda Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera

Keprila Prima, F., Gusmareta, Y., Abdullah, R., Rifwan, F., Zola, P., & Teknik, F. (2020). EDUKASI KONSEP TAGANA (TANGGAP SIAP BENCANA) UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DI DAERAH RAWAN BENCANA KABUPATEN SOLOK SELATAN SUMATERA BARAT (Vol. 7, Issue 2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/index

Suhengki, F., Giatman, M., & Yustisia, H. (2014). STUDI KESIAPAN PENGETAHUAN WARGA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI KOTA PADANG (Studi Kasus SMK Negeri 5 Padang) (Vol. 2, Issue 2).

Body, R., Rifwan, F., Silalahi, J., Kunci, K., & Mitigasi Bencana, P. (2018). PERSEPSI GURU SMK JURUSAN BANGUNAN SEKOTA PADANG TENTANG PERLUNYA PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI (Vol. 5, Issue 1).

Indra Utama, R., Syah, N., Rifwan, F., Mutiara Sari, N., & Yandra, M. (2019). Penerapan dan Sosialisasi Sekolah Siaga Bencana Bagi Anak-Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

Primanda Arief Kurniawan, Sugiyarto, & Budi Laksito. (2014). Evaluasi penerapan sistem Proteksi Kebakaran Pada rumah sakit. kebakaran di rumah sakit X Jakarta Timur. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 3(1), 52–59.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.122284

Copyright (c) 2023 Muhammad Wafiq, Muhammad Giatman, Fitra Rifwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id