Cover Image

Studi Analisis Dampak Lalu Lintas dari Pengembangan Kawasan Pantai Tiku Kabupaten Agam

Afrizal Putra Prices, Yossyafra Yossyafra, Purnawan Purnawan

Abstract


Kabupaten Agam merupakan salah satu kabupaten terbesar yang ada di provinsi Sumatera Barat. Didalam Kabupaten Agam tersebut terdapat salah satu kawasan wisata yaitu kawasan wisata Pantai Tiku yang berada di kecamatan Tanjung Mutiara. Berdasarkan tinggi dan pesatnya pengunjung di kawasan Pantai Tiku tersebut maka dilakukan pengembangan kawasan wisata pantai Tiku di Kabupaten Agam tersebut yang nantinya akan berdampak positif terhadap kepuasan pungunjung yang nantinya akan lebih besar menarik minat wisatawan berkunjung ke kawasan wisata Pantai Tiku. Selain berdampak positif pengembangan tersebut juga berdampak negatif seperti teningkatan volume lalulintas akan menimbulkan ketidakseimbangan antara jumlah lalulintas yang di bangkitkan dan kapasitas jalan di sekitar kawasan pantai Tiku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak lalulintas disekitar kawasan akibat pengembangan kawasan wisata pantai Tiku. Analisis yang dilakukan meliputi analisis bangkitan dan tarikan, analisis kinerja ruas jalan, dan analisis penanganan dampak lalulintas pada kondisi lalu lintas eksisting, masa konstruksi dan operaional. Hasil penelitian menunjukkan bahw pada kondisi lalu lintas eksisting didapatkan nilai V/C Ratio pada ruas jalan raya Tiku sebesar 0,25 dengan tingkat pelayanan B, kemudian pada kondisi lalu lintas masa konstruksi memiliki nilai V/C ratio sebesar 0,28 dengan tingkat pelayanan B pada tahun 2023 dan 0,29 dengan tingkat pelayanan masih B pada tahun 2024, kemudian selanjutnya pada kondisi lalu lintas masa operasional pada ruas jalan raya Tiku memiliki nilai V/C ratio sebesar 0,30 dengan tingkat pelayanan B pada tahun 2025 dan 0,38 dengan tingkat pelayanan masih B pada tahun 2030 atau 5 tahun setelah pengembangan.


Keywords


volume lalu lintas, kinerja ruas jalan, V/C Ratio, Parkir, dampak lalulintas

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah. Kota Padang.

Direktorat Jendral Bina Marga Republik Indonesia. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Firdaus, O. (2017). Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) kawasan Kampus Universitas Bangka belitung. Universitas bangka Belitung. ISBN : 978-602-61545-0-7

Hartono, Wibowo, A. W., & Lestari, F. (2021). Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas pada Simpang 3 (Tiga) Tak Bersinyal (Studi Kasus: Jembatan Ngujang - Jalan Raya Ngantru Kabupaten Tulungagung). Pusat Penelitian dan Pengembanagan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian.

Hermawan, B. A. (2016). Manajemen Dan Rekayasa Lalu LintasKawasan CBD Kota Bekasi. Universitas Diponegoro.

Khisty C. Jotin, Lall B. Kent. (2005). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi (Jilid 1). Erlangga. Jakarta

Muchlisin. (2017). Analisa Bangkitan Perjalanan Dengan Metode Trip-Rate Analysis (Studi Kasus : Pengembangan Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Jakarta.

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2011 Tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisa Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas, Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas 2015, Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Tambunan, H. F. (2016). Analisis Dampak Lalu lintas Terhadap Pembangunan Hotel POP. Universitas lampung Bandar Lampung.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan Permodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung.

Wahab, W., Momon, & Rusli, A.M., (2022). Studi Analisis Dampak Lalulintas terhadap Pembangunan Gedung Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Institut Teknologi Padang.

Wahab, W., Prices, A. P., & Roza, A. (2020). Studi Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Kampus II Institut Teknologi Padang (Studi Kasus Jalan DPR Air Pacah Kota Padang). Institut Teknologi Padang.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.122124

Copyright (c) 2023 Afrizal Putra Prices, Yossyafra, Purnawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id