Cover Image

Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Blog pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying dan Manajemen Proyek Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

Sonia Syafitri, Muhammad Giatman

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu  masih ada mahasiswa yang kurang memahami beberapa materi mata kuliah Kuantit Surveying dan Manajemen Proyek dan dibutuhkan tambahan referensi materi pembelajaran melalui artikel internet berdasarkan rujukan yang ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasi blog yang valid dan praktis sebagai tambahan referensi belajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahap penggunaan model pengembangan DDD-E. Pada penelitian ini terdapat 2 Subjek penelitian, yaitu Subjek Validasi Produk dan Subjek Uji Coba. Subjek validasi produk terdiri atas subjek validasi materi, media, bahasa, dan validasi angket uji coba. Subjek uji coba dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2020 berjumlah 56 mahasiswa. Objek pada penelitian ini adalah bahan ajar berbasis blog pada mata kuliah Kuantiti Surveying dan Manajemen Proyek. Berdasarkan hasil  penelitian yang dilakukan, diperoleh  hasil penilaian oleh  ahli materi  81,81% dengan kategori valid. Validasi bahasa diperoleh dengan persentase 88% dengan kategori sangat valid. Validasi media diperoleh dengan persentase 92,22% dengan kategori sangat valid, dan angket uji coba dinyatakan valid oleh tiga (3) validator. Sedangkan kepraktisan pada uji coba kelompok kecil diperoleh dengan persentase 79,95% dengan kategori praktis dan uji coba kelompok besar diperoleh dengan persentase 81,32% dengan kategori sangat praktis.


Keywords


Bahan Ajar: Blog: Kuantiti Surveying dan Manajemen Proyek.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Rita Wahyuni. 2017. Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Logika Dan Algoritma 1. https://media.neliti.com/ media/ publications/234310-media-pembelajaran-berbasis-video-animas0a81821c.pdf . Diakses pada tanggal 27 Juli 2021

Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Padang Tahun 2015/2016. Padang: UNP Press.(2015).

B.P Sitepu. 2006. Penyusunan Buku Pelajaran, Jakarta: Verbum Publishing

Irma. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teknologi Pembelajaran Berbasis Web-Blog Pada Mahasiswa Fakutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar . Pengembangan Bahan Ajar Teknologi Volume VIII, Nomor 2, Desember 2019, 272.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Nurdin, S., & Andrianto. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pribadi, R.B., & Putri, D. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka

Ramadhani, R., Ardiyanti, D., & Meizar, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Informasi Anti-Hoaks dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Tri Bakti, 83.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Solomon, G., & Schrum, l. (2010). Web 2.0 Panduan Bagi Para Pendidik. Jakarta: PT Indeks Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.121933

Copyright (c) 2023 Sonia Syafitri, Muhammad Giatman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id