Cover Image

Pembuatan Slide Presentasi Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di SMK Negeri 4 Pariaman

Shinta Nadia, Rijal Abdullah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media yang memadai dalam pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di SMK Negeri 4 Pariaman. Penelitian ini tujuannya adalah untuk membuat suatu media pembelajaran Slide Presentasi berbasis Canva yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D). Adapun tahap pengembangan 4D yaitu, 1) Define, 2) Design, 3) Development dan 4) Disseminate. Hasil pengolahan data menyebutkan bahwa tingkat validitas media pembelajaran Slide Presentasi berbasis Canva berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media adalah sangat valid. Tingkat praktikalitas berdasarkan penilaian dari siswa dan guru mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan adalah sangat praktis untuk digunakan sebagai media yang dapat menunjang pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan. 


Keywords


Konstruksi Jalan dan Jembatan; Slide Presentasi; Canva.

Full Text:

PDF

References


Pelangi, G. (2020). “Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA.” Jurnal Sasindo Unpam. 8(2). Hlm. 79-96.

Thiagarajan, S., Semmel, D. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesota: Leadership Training Institute, University of Minnesota.

Aiken, L. R. (1985). “Three coefficients for analyzing the reabillity and validity of ratings”. Jurnal Educational and psychological measurement. 45(1), 131-142.

Riduwan & Sunarto. (2015). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Kemp & Dayton. (2013). Jenis-jenis Media Pembelajaran. Diambil pada tanggal 22 Agustus 2022 dari https://milenialjoss.com/jenis-jenis-media-pembelajaran/




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.121559

Copyright (c) 2023 Shinta Nadia, Rijal Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id