Cover Image

Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Modul Digital Interaktif pada Elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan

Laras Oktavia Andreas, Rara Nafhalia Rizal

Abstract


Permasalahan yang ada pada elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan adalah media pembelajaran belum memadai dan kurangnya pemahaman materi yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis modul digital interaktif pada elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development yang mengadaptasi model 4D, penelitan hanya di batasi sampai tahap 3D karena produk tidak disebarkan. Intrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran berbasis modul digital interaktif pada elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan oleh ahli media dari semua aspek memperoleh penilaian sebesar 89,6% dengan kriteria sangat valid, sedangkan penilaian oleh ahli materi dari semua aspek memperoleh penilaian sebesar 92,5% dengan kriteria sangat valid. Penilaian pada tahapan uji coba kecil dengan 5 orang peserta didik sebagai responden memperoleh nilai rata-rata 89,6% dikategorikan sangat praktis dan tahapan pengujian skala besar dengan 32 peserta didik sebagai responden memperoleh nilai rata-rata 91% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan layak dan praktis digunakan untuk media pembelajaran berbasis modul digital interaktif pada elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan. 

Keywords


Media Pembelajaran; Validitas; Praktikalitas; Modul Digital

Full Text:

PDF

References


Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 29.

Hadi,S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Pribadi, Benny A. (2017). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.2017.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencast-o-matic mata kuliah kalkulus 2 menggunakan model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 3(1).

Febliza, Asyti dan Zul Afdal. (2015). Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Adefa Grafika: Pekanbaru.

Muin, A. (2017). Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 133–135.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.121371

Copyright (c) 2023 Laras Oktavia Andreas, Rara Nafhalia Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id