Cover Image

Analisis Kebutuhan Air Irigasi pada Daerah Irigasi Air Ketahun Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu

Yaumal Arbi, Thania Mustika Rani

Abstract


Kabupaten Lebong merupakan salah satu kabupaten produsen padi andalan di Provinsi Bengkulu. Namun, pada tahun 2021 terjadi penurunan luas lahan baku sawah yang sebelumnya 9.444 Ha menjadi 8.142 Ha. Daerah Irigasi Air Ketahun merupakan daerah irigasi dengan luas lahan fugsional sawah terluas di Kabupaten Lebong yaitu sebesar + 2070,4 Ha. Daerah irigasi ini berada di 3 (tiga) kecamatan yaitu Kecamatan Bingin Kuning, Lebong Sakti dan Amen. Daerah irigasi ini memanfaatkan air dari Bendung Air Ketahun yang terletak di Kecamatan Bingin Kuning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan air pada Daerah Irigasi Air Ketahun dan ketersediaan air pada Bendung Air Ketahun. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Curah hujan daerah didapatkan dengan perhitungan metode Poligon Thiessen. Perhitungan kebutuhan air irigasi dilakukan sesuai Kriteria Perencanaan (KP-01). Ketersediaan air didapatkan dari perhitungan debit andalan dengan probabilitas Weibull. Hasil keluaran WEAP berupa persentase luas cakupan air yang dapat dipenuhi (Coverage). Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai kebutuhan air irigasi maksimum sebesar 4,21 m3/dt. Sedangkan ketersediaan air maksimum di Bendung Air Ketahun adalah sebesar 66,57 m3/detik. Dan berdasarkan keluaran dari program WEAP, diketahui bahwa ketersediaan air di Bendung mampu memenuhi kebutuhan air irigasi untuk melaksanakan Musim Tanam dua kali dalam setahun (MT II) dengan pola tanam Padi-Padi.


Keywords


Irigasi, Kebutuhan Air, Ketersediaan Air, WEAP

Full Text:

PDF

References


Amri, Khairul. 2021. “Karakteristik Daerah Aliran Sungai (DAS) Ketahun Bengkulu”. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Anatoly, N., Putranto, T. 2014. “Aplikasi WEAP (Water Evaluation and Planning) untuk Pengelolaan Sumber Daya Air”. Prosiding Seminar Nasional Kebumian Ke-7. 130 – 137.

BPS Kabupaten Lebong. 2021. Kabupaten Lebong dalam Angka 2021. Lebong: Badan Pusat Statistik Kabupaten Lebong

Departemen PU. 2013. Standar Perencanaan Irigasi (KP-01, Dept. PU Dirjen Pengairan, 2013). Kriteria Perencanaan Bagian Perencanaan Jaringan Irigasi. Jakarta.

Dewi, Pratita., Yunarni, Wiwik., Halik, Gusfan. 2019. “Optimasi Air Irigasi pada Sub Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi menggunakan WEAP (Water Evaluation and Planning)”. Jurnal Teknik Sipil. 15 (2). 69 – 73.

Saputri, DE. 2019. “Optimasi Distribusi Air pada Daerah Irigasi Wilayah Pelayanan Wuluhan Kabupaten Jember menggunakan Program WEAP”. Tugas Akhir. Universitas Jember.

Silvia, E. 2017. “Studi Optimasi Pemberian Air Irigasi pada Saluran Induk Peterongan Daerah Irigasi Mrican Kanan.” Thesis. Institut Teknologi Sepuluh November.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.121336

Copyright (c) 2023 Yaumal Arbi, Thania Mustika Rani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id