Cover Image

Perencanaan Pilar Hidran Kawasan Kelurahan Flamboyan Baru Kota Padang

Faisal Ashar, Satria Restu Hardi, Nazmi Septiani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesiapsiagaan untuk bencana kebakaran pada kawasan padat penduduk. Perkotaan cendrung memiliki penduduk yang cukup tinggi dan susunan perumahan yang padat, sehingga memiliki jalan lintas yang relatif kecil. Perumahan yang padat akan menjadi masalah ketika terjadi kebakaran, karena tidak cukup akses mobil pemadam untuk masuk ke perumahan yang padat penduduk. Perencanaan yang dilakukan adalah membangun alat proteksi kebakaran aktif seperti hidran pilar pada kawasan padat penduduk, dengan bersumberkan air PDAM. Prosedur yang pertama dilakukan dalam penelitian ini adalah mengobservasi kawasan guna untuk menempatkan titik hidran yang akan direncanakan. Dalam simulasi distribusi air ke hidran disimulasikan dengan suatu program komputer yaitu epanet, yang melaksanakan simulasi hidraulik dan perilaku air dalam suatu jaringan pipa distribusi air minum. Perecanaan ini memiliki biaya yang terjangkau dengan sistem hidran yang mencukupi syarat yang telah ditentukan oleh peraturan menteri pekerjaan umum. Perencanaan ini dilakukan tanpa melakukan pembongkaran rumah masyarakat karena jalur pipa yang direncanakan tidak mengganggu atau berada pada rumah masyarakat di Kelurahan Flamboyan Baru.


Keywords


Bencana; Mitigasi; Distribusi Air; Pilar Hidran.

Full Text:

PDF

References


Penanggulangan Bencana Daerah - Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang. Harian Haluan. (2016)

Endah Purwanti. Evaluasi Terhadap Lokasi Penempatan Pos Pemadam Kebakaran Di Wilayah Kota Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. (2018)

K. Ima Ismara. Pedoman Kebakaran K3. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (2019)

Hamzah Yusuf. Buku Ajar Survey dan Pemetaan. Yogyakarta: deepublish. (2014)

Fina Faizina, Arief Laila Nugraha, dan Bambang Darmo Yuwono. Pemetaan Resiko Bencana Tanah Longsor Kota Semarang. Jurnal Geodesi UNDIP. (2015).

Wiwik Ambarwati dan Yar Johan. Sejarah dan Perkembangan Ilmu Pemetaan. Jurnal Enggano. (2016).

Modul 9. Pengenalan Program Epanet.

Abdul, Aziz Herlambang. Tingkat Kerentanan Pemukiman Terhadap Potensi Bahaya Kebakaran di Wilayah Padat Penduduk Di Kelurahan Peneleh Kecamatan Genteng Kota Surabaya. Swara Bhumi, Vol. 04. No. 03. Hlm. 274-282. (2017)

Akbar, Kurnia. (2022). Analisis Pelayanan Terhadap Kerentanan Bahaya Kebakaran Bedasarkan Jumlah dan Lokasi Kantor Pemadam Kebakaran. Universitas Negeri Padang. (2022).

Sugiyono. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA. (2013).

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum. Tentang Persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan. (2008)




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.120285

Copyright (c) 2023 Faisal Ashar, Satria Restu Hardi, Nazmi Septiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id