Cover Image

Analisis Kekuatan Beton Normal Menggunakan Pasir Petok Sebagai Agregat Halus

Yaumissaadah ., Prima Yane Putri

Abstract


Daerah Kabupaten Pasaman memiliki sumber agregat halus (pasir) yang berlokasi di Sungai Sumpu Petok, Kecamatan Panti Selatan. Mayoritas masyarakat yang berada di daerah Pasaman menggunakan pasir Petok pada pembangunan rumah tinggal. Agregat halus (pasir) Petok memiliki warna coklat kemerah-merahan dengan butiran yang relatif sama besar dan bulat. Dalam campuran beton, agregat merupakan bahan pengisi utama yang kekuatannya harus diketahui sebelum digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pasir Petok sebagai agregat halus dan untuk mengetahui kekuatan beton normal yang menggunakan pasir Petok sebagai campurannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan mutu beton yang direncanakan adalah 20 MPa. Penelitian ini menggunakan 2 jenis pasir yang diambil dari daerah yang berbeda yaitu pasir Petok dan pasir Padang. Berdasarkan hasil pengujian, karakteristik pasir Petok terhadap zat organik, kadar lumpur, berat isi, berat jenis, kadar air, penyerapan air dan analisis ayakan memenuhi syarat agregat halus sebagai bahan pengisi campuran beton. Hasil pengujian kekuatan beton normal yang menggunakan pasir Petok memiliki nilai kuat tekan 21 MPa, kuat tarik belah 2,1 MPa dan nilai kuat lentur 1,9 MPa, sedangkan beton normal yang menggunakan pasir Padang memiliki nilai kuat tekan 20 MPa, kuat tarik belah 1,8 MPa dan kuat lentur 1,11 MPa.

                                  


Keywords


pasir petok, karakteristik agregat, kuat tekan, kuat tarik belah, kuat lentur

Full Text:

PDF

References


I. N. Standar, "Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normal," Badan Standarisasi Nasional (BSN), p. 3, 2000.

R. Saputra and R. Hepiyanto, "Pengaruh Air PDAM, Laut, Comberan Pada Proses Curing Terhadap Kuat Tekan Beton Fc 14,53 Mpa," Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan, 2017.

R. Prasetya, "Analisis Kuat Tekan Dan Permeabilitas Beton Dengan Agregat Halus Campuran Pasir Merah Purwodadi Dan Pasir Kaliworo Klaten," 2016.

P. U. Kementrian, "Rancangan Campuran Beton," Diklat Perkerasan Kaku, vol. 3, pp. 33-34, 2017.

N. I. Standar, "Cara Uji Kuat Tekan Beton dengan Benda Uji Silinder," Badan Standarisasi Nasional, p. 20, 2011.

N. I. Standar, "Metode uji kekuatan tarik belah spesimen beton silinder Standard Test Method for Splitting Tensile Strength of.," Badan Standarisasi Nasional (BSN), 2014.

N. I. Standar, "Cara uji kuat lentur beton normal dengan dua titik pembebanan.," Badan Standarisasi Nasional (BSN), 2011.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.119822

Copyright (c) 2022 Yaumissaadah, Prima Yane Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id