Cover Image

Efektivitas Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Analisis Statistik

Fani Keprila Prima, Ari Syaiful Rahman Arifin, Windry Novalia Jufri, Vivi Efrianova

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Analisis Statistik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membantu pengajar dan peserta didik dalam proses pembelajaran baik secara daring ataupun tatap muka. Jenis  penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Analisis Statistik pada semester Januari-Juni 2021 sejumlah 44 mahasiswa yang terdiri dari 4 seksi perkuliahan. Dua seksi perkuliahan akan dijadikan kelompok eksperimen, dan dua seksi perkuliahan lainnya akan menjadi kelompok kontrol. Kelompok kontrol dan eksperimen dipilih secara random. Pada penelitian ini dilakukan proses validasi instrumen efektivitas oleh validator ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Dari kegiatan validasi tersebut diperoleh hasil validasi materi angket sebesar 87,2% dan validasi media sebesar 89%, yang dapat disimpulkan bahwa angket tersebut baik digunakan untuk memperoleh data. Hasil penilaian yang didapatkan yaitu penilaian dari aspek tampilan dengan tingkat efektivitas sebesar 82,53%, penilaian aspek isi/materi dengan tingkat efektivitas sebesar 83,72%, lalu penilaian aspek kemanfaatan dengan tingkat efektivitas 82,54% serta penilaian dari aspek bahasa dengan tingkat efektivitas sebesar 83,09%. Kemudian berdasarkan hasil penilaian dari masing-masing aspek tersebut didapatkan penilaian rata-rata tingkat efektivitas yaitu sebesar 82,97.


Keywords


Efektivitas, Media Sosial, Analisis Statistik.

Full Text:

PDF

References


Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of UsingKahoot! toImprove Student Learning Outcomes. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8 (1), 95–104.

Maulana, Ahmad. Anotasi Bibliografi Manfaat Teknologi Informasi dalam Media Pembelajaran. (2021).

Haliza, Wida. "Penggunaan Virtual Classroom Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Di Kelas X Mipa I Sman 6 Banjarmasin." (2021).

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

S. Korkut, R. Dornberger, P. Diwanji, B. P. Simon, and M. Maerki, ‘Success Factors of Online Learning Videos’, Int. J. Interact. Mob. Technol. IJIM, vol. 9, no. 4, Art. no. 4, Sep. 2015, Accessed: Nov. 08, 2020. [Online]. Available:https://onlinejournals.org/index.php/ijim/article/view/4460.Success Factors of Online Learning Videos | Korkut | International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM).

Kamhar, Muhammad Yusi, and Erma Lestari. "Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi." Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan 1.2 (2019): 1-7.

J. Bozarth, Social Media for Trainers: Techniques for Enhancing and Extending Learning, 1st edition. San Francisco: Pfeiffer, 2010 Rahmaturrizki, Muhammad Ilham, and Yudi Sukmayadi. "YouTube as Audio Visual Media Learning in Music Education." 3rd International Conference on Arts and Design Education (ICADE 2020). Atlantis Press, 2021.

Tumiwa, Krueger Kristanto. "Bangki dari Masa Sulit: Analisis Wacana Kritis Konten Youtube “Daniel Tetangga Kamu” Dan Refleksi Teologisnya Di Masa Pandemi." Tetap Kreatif dan Inovatif Di Tengah Pandemi Covid-19 1 (2021): 1.

Al Harbi, Wed Nasser. "The Role of Social Media (youtube and Snapchat) in Enhancing Saudi EFL Learners' Listening Comprehension Skills." (2021).

Mahendra, R. "Youtube Sebagai Media Pembelajaran." Reseach Gate (2020): 1-3 Sorenson, J. A.,Pusz, M. D., & Brietzke,S. E. 2014. Youtube As An Information Source For Pediatric Adenotonsillectomy And Ear Tube Surgery, International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 78, 65-70.

June, S, Yaacob, A., & Kheng, Y.K. 2014. Assessing The Use Of Youtube Videos And Interactive Activities As A Critical Thinking Stimulator For Tertiary Students: An Action Research , International Education Studies, 7(8), 56-67.

Fleck, B.K.B., Beckman, L.M., Stern, J.L., & Hussey H.D. 2014. YouTube in the Classroom: Helpful Tips and Student Perceptions, The Journal Of Effective Teaching, 14(3), 21-37.

Snelson,C. 2011. YouTube across the Disciplines: A Review of the Literature, MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 158-169.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.119473

Copyright (c) 2022 Fani Keprila Prima, Ari Syaiful Rahman Arifin, Windry Novalia Jufri, Vivi Efrianova

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id