Cover Image

Analisa Parameter Kebutuhan Jarak dan Waktu Zona Rawan Tsunami pada Proses Evakuasi Masyarakat Kota di Padang

Laras Oktavia Andreas, Faisal Ashar, Nidal Zuwida

Abstract


Berdasarkan peta zona rawan tsunami Kota Padang, risk potential area terbesar terdapat di daerah sekitar pantai, salah satunya Kecamatan Padang Utara yang sangat beresiko besar jika terjadi tsunami yang berjarak ±2-3 km dari bibir pantai. Sedangkan pada zona aman bencana tsunami di asumsikan 4-5 km dari bibir pantai. Tsunami diprediksi terjadi dalam rentang waktu 10-20 menit setelah terjadinya gempa dengan skala besar. maka perlu analisa parameter kebutuhan jarak dan waktu dalam proses evakuasi bencana agar masyarakat sekitar Kecamatan Padang Utara dapat memperkirakan kemampuan mereka dalam menyelamatkan diri apabila terjadi bencana tsunami. Metode penelitian berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian terdapat 15 shelter yang ada pada Kecamatan Padang Utara, dilanjutkan dengan menganalisa parameter waktu dan jarak dari bibir pantai menuju shelter. Waktu tiba tsunami terlama terletak pada titik shleter PDAM yang berada di Kelurahan Gunung Pangilun dengan perkiraan ETA adalah 16 menit 9 detik, dan waktu tiba tsunami tercepat terletak pada shelter SMPN 7 Padang Kelurahan Lolong Belanti dengan perkiraan ETA adalah 1 menit 50 detik. Pembuatan peta indution area didapati dari beberapa data hasil penelitian. Tahap terakhir berupa penyebaran angket di seluruh Kec. Padang Utara, indikator Pengalaman dengan capaian sebesar 78%, yang dikategori cukup memiliki pengalaman terkait evakuasi bencana tsunami. Indikator Pengetahuan dengan capaian sebesar 74%, yang dikatagorikan cukup memahami teori terkait evakuasi bencana tsunami dan pada indikator penerapan capaian sebesar 71%, yang dikategori cukup paham dalam penerapan evakuasi bencana tsunami.


Keywords


Parameter Kebutuhan, Zona Tsunami, Evakuasi.

Full Text:

PDF

References


} Pemerintah Kota Padang. 2013. Rencana Kontinjensi Menghadapi Bencana Tsunami Kota Padang.

Marwanta, Bambang. 2005."Tsunami Di Indonesia Dan Upaya Mitigasinya." Alami: Jurnal Teknologi Reduksi Risiko Bencana, vol. 10, no. 2, 2005.

Rahmadhani, Nia, et al. 2013. "Analisis Aksesibilitas Shelter Evakuasi Tsunami Di Kota Padang Berbasis Sistem Informasi Geografis." Jurnal Geodesi Undip, vol. 2, no. 1, 2013.

Anwar, H. Z. 2011. Fungsi Peringatan Dini Dan Kesiapan Masyarakat Dalam Penanggulangan Resiko Bencana Tsunami Di Indonesia: Studi Kasus Di Kota Padang. Jurnal RISET Geologi Dan Pertambangan, 21(1), 75.

Badan Pusat Statistik Kota Padang. 2018. Kecamatan Padang Utara Dalam Angka 2018.

Marwanta, Bambang. 2005. "Tsunami Di Indonesia Dan Upaya Mitigasinya." Alami: Jurnal Teknologi Reduksi Risiko Bencana, vol. 10, no. 2, 2005.

Alhadi Zikri.2014. Kesiapan Jalur Dan Lokasi Evakuasi Publik Menghadapi Resiko Bencana Gempa Dan Tsunami Di Kota Padang. Jurnal. Vol XIII. No.1. Tahun 2014

Sugiyono .2013. Cara mudah menyusun skripsi, ttesis dan disertasi, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Riduwan.2 012. Cara Mudah Menggunakan Dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: CV.alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.119471

Copyright (c) 2022 Laras Oktavia Andreas, Faisal Ashar, Nidal Zuwida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id