Cover Image

Hubungan Tekstur Tanah Terhadap Laju Infiltrasi di Daerah Pengembangan Permukiman Kota Padang

Totoh Andayono, Gilang Palinto

Abstract


Pengembangan kawasan permukiman yang terus meningkat secara tidak langsung akan memicu terjadinya pembukaan lahan baru untuk menunjang infrastruktur kawasan permukiman. Lahan yang semula merupakan kawasan hutan, lahan pertanian dan daerah resapan air hujan berubah menjadi daerah yang tertutup perkerasan dan bersifat kedap air sehingga menyebabkan air hujan tidak dapat lagi meresap ke dalam tanah. Hal ini mengakibatkan pada saat air hujan jatuh ke permukaan tanah, tanah tidak mampu menyerap air dengan sempurna. Kondisi tersebut menyebabkan kecilnya laju infiltrasi pada tanah. Penelitian ini dilakukan  bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan antara tekstur tanah terhadap laju infiltrasi di daerah pengembangan permukiman Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data yang digunakan berupa data primer data yang didapatkan langsung dilapangan berupa data nilai laju infiltrasi dengan menggunakan alat Turf-Tec Infiltrometer, dan pengukuran di Laboratorium berupa data nilai tekstur tanah yang hasilnya didapatkan dari uji saringan (ayakan) dan uji hidrometer. Sedangkan data sekunder didapatkan pada literatur atau arsip pemerintahan. Berdasarkan hasil dari uji tekstur tanah dan uji laju infiltrasi terhadap sampel uji yang diambil di daerah pengembangan permukiman Kota Padang, diperoleh hasil bahwa hasil nilai kapasitas infiltrasi rata-rata untuk seluruh lokasi pengujian di daerah pengembangan permukiman Kota Padang adalah 5,28 cm/jam. Dan hasil dari pengujian korelasi antara tekstur tanah dengan laju infiltrasi memiliki hubungan yang signifikan (berarti) yaitu sebesar 0,017 (<0,05).


Keywords


Pemukiman; Tekstur Tanah; Infiltrasi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Padang. (2021). Kecamatan Kuranji Dalam Angka 2021. Padang: BPS Kota Padang. Tersedia dari padangkota.bps.go.id.

Perda No.4 Tahun 2012. (2012). Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang 2010 - 2030.

Permanasari, P., Bisri, M., & Suharyanto, A. (2012). Pengaruh Guna Lahan Terhadap Penurunan Infiltrasi Di Kota Batu. 4(2).

Maria, R., & Lestiana, H. (2014). Pengaruh Penggunaan Lahan terhadap Fungsi Konservasi Air Tanah Di Sub Das Cikapundung. 24(2), 77–89.

Yunagardasari, C., Paloloang, A. K., & Monde, A. (2017). Model infiltrasi pada berbagai penggunaan lahan di Desa Tulo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Agrotekbis, 5(3), 315–323.

Firmanda, R. R., Harisuseno, D., & Primantyo, A. (2022). Studi Pengaruh Sifat Fisik Tanah terhadap Laju Infiltrasi pada Lahan Pertanian. 2(1), 67–80.

Norfadilah, I., Dwiatmoko, M. U., & Novianti, Y. S. (2020). Laju Infiltrasi Pada Danau Bekas Tambang Alluvial Yang Dipengaruhi Karakteristik Sifat Fisik Tanah. 5(1), 13–17.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Bharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Fadli, M., & HAR, R. (2021). Studi Penempatan Sumur Resapan Berdasarkan Nilai Laju Infiltrasi, Kualitas Fisik Air dan Tekstur Tanah pada DAS Batang Kuranji Kota Padang. Jurnal Bina Tambang, 6(1), 263–273.

SNI 3423. (2008). Cara uji analisis ukuran butir tanah. Badan Standardisasi Nasional (BSN), 1–27.

Dipa, H., Fauzi, M., & Lilis Handayani, Y. (2021). Analisis Tingkat Laju Infiltrasi Pada Daerah Aliran Sungai (Das) Sail. Jurnal Teknik, 15(1), 18–25.

SNI 7752. (2012). Tata cara pengukuran laju infiltrasi di lapangan menggunakan infiltrometer cincin ganda dengan cincin. Badan Standardisasi Nasional (BSN).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.118977

Copyright (c) 2023 Totoh Andayono, Gilang Palinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id