Cover Image

Studi Eksperimental Pemanfaatan Abu Cangkang Lokan Terhadap Kekuatan Beton

Fahrul Hidayat, Annisa Prita Melinda

Abstract


Abstrak : Pembuatan beton yang terus menerus membutuhkan material yang sangat banyak sehingga membuat ketersediaan sumber daya alam menurun, sehingga perlu adanya alternatif bahan pengganti maupun bahan tambah untuk pembuatan beton. Limbah cangkang lokan dapat dijadikan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan beton karena cangkang lokan mengandung senyawa CaO yang dapat dijadikan sebagai penguat pada beton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan abu cangkang lokan (ACL) sebagai bahan tambah terhadap kuat tekan, kuat lentur dan kuat geser pada beton. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental. Presentase penambahan ACL yang digunakan pada penelitian ini sebesar 0%, 5%, 10% dan 15%. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penambahan ACL dapat meningkatkan kuat lentur dan kuat geser balok, sedangkan pada hasil pengujian kuat tekan tidak ada peningkatan kekuatan beton. Adapun komposisi maksimum yang diperoleh yaitu pada penamabahan ACL sebesar 5% dan 10%.


Keywords


Beton, ACL, Kuat Tekan, Kuat Lentur, Kuat Geser

Full Text:

PDF

References


Maulana, S. (2017). Pengaruh Subsitusi Semen dengan Abu Cangkang Kerang Lokan (Geloina expansa) dan Penambahan Serat Sabut Kelapa terhadap Kuat Tekan Beton. Jurnal Fropil, 5(2).

Ngapa, Y. D. (2018, September 2). Sintesis dan Karakterisasi Hidroksiapatit (HAp) dari Limbah Cangkang Kerang Lokan (Batissa violecea L) dengan Metode Basah Presitipasi. Jurnal Dinamika Sains, 2(1).

Arismanto. (2021). Pengaruh Penambahan Abu Kulit Kerang Lokan (gelonia expansa) Terhadap Kuat Tekan Beton. Universitas Bung Hatta Padang.

Andika, R., & Safarizki, H. A. (2019). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Dara (Anadara Granosa) sebagai Bahan Tambah dan Komplemen terhadap Kuat Tekan Beton Normal. Jurnal Media Komunikasi Dunia Ilmu Sipil, 1(1).

Puspita, D. Y., & Sabariman, B. (2017). Pengaruh Penambahan Serat Ijuk dalam Pembuatan Balok Beton Bertulang berdasarkan Uji Kuat Geser. Jurnal Rekaya Teknik Sipil REKATS, 256-265.

Maulana, S. (2017). Pengaruh Subsitusi Semen dengan Abu Cangkang Kerang Lokan (Geloina expansa) dan Penambahan Serat Sabut Kelapa terhadap Kuat Tekan Beton. Jurnal Fropil, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.118888

Copyright (c) 2022 Fahrul Hidayat, Annisa Prita Melinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id