Cover Image

Analisa Pekejaan Bronjong dengan As Built Drawing di Tebing Sungai Megang Kabupaten Musi Rawas

Ricky Ravsyan Alhafez, Ahmad Syapawi, Andi Herius

Abstract


As Built Drawing merupakan gambar akhir dari objek yang sudah selesai pengerjaanya yang seharusnya tidak ada lagi perbedaan antara keduanya. Terdapat 2 parameter dalam melaksanakan penelitian ini yaitu bronjong sebagai objek amatan dan dokumen As Built Drawing sebagai pembanding. Dari kedua parameter tersebut terdapat variable guna mengerucutkan objek amatan. Variabel yang telah ditentukan berdasarkan studi literatur yaitu panjang tiap segmen, jumlah trap tiap segmen, tinggi trap dan lebar trap.  Kemudian dari variable – variable tersebut dilakukan perbandingan secara head to head dari kedua parameter yang sudah ditentukan sebelumnya.  Dari hasil amatan yang sudah diperoleh terdapat perbedaan pada parameter – parameter amatan sehingga menimbulkan selisih volume antara objek yang terbangun dengan As Built Drawing. Dari hasil tersebut dapat diberikan rekomendasi terkait dengan hasil akhir baik dari perlunya revisi dokumen As Built Drawing atau dari segi perlunya kembali review – review dokumen yang sudah diberikan oleh pihak kontraktor. Selain itu dapat memberikan masukan ke pihak pemberi kerja dalam hal masalah pelunasan pembayaran.

 

Kata kunci: Bronjong, As Built Drawing, Jumlah Trap, Tinggi Trap, Lebar Trap.


Keywords


Bronjong, As Built Drawing, Jumlah Trap, Tinggi Trap, Lebar Trap

Full Text:

PDF

References


Muharromi, M. L. (2021). Analisis Perbandingan Volume Pekerjaan Beton Bertulang Berdasarkan Boq Mc-100 Dengan Pemodelan Autodesk Revit (Studi kasus pada proyek pembangunan gedung UGM) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Nursandah, A., & Juniarto, D. D. 2018. Perbandingan Kebutuhan Besi Struktur Balok, Kolom dan Pelat di As Built Drawing terhadap Desain Kondisi Balance. AGREGAT, 3(2).

Safriani, M., & Sari, D. P. 2018. Studi Perencanaan Bangunan Bronjong Pada Tikungan Sungai Di Desa Meunasah Buloh. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand), 14(2), 107-120

Sari, S. P., & Gunawan, R. 2020. Analisa Perbedaan Penggunaan Bronjong Km 11 dan Segmental Blok Km 7 pada Pekerjaan Perbaikan Lereng di Jalan Akses PLTA Musi. STATIKA: Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 1-12.

Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-0090-1999




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.118780

Copyright (c) 2022 Ricky Ravsyan Alhafez, Ahmad Syapawi, Andi Herius

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id