Cover Image

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti Kelas XI BKP SMK N 1 Bukittinggi

Niken Febrani, Jonni Mardizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti Kelas XI BKP SMK N 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil yaitu siswa kelas XI BKP SMK N 1 Bukitttinggi yang mengambil mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti yang berjumlah 50 orang siswa. Teknik pengambilan sampel pada penilitian ini adalah total sampling yaitu jumlah sampel adalah jumlah populasi sebanyak 50 orang siswa dimana 25 orang siswa sebagai sampel uji coba dan 25 orang siswa untuk sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket. Pengumpulan data kuisioner secara online atau secara tidak langsung. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil penelitian faktor eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor keluarga sebesar  81,94% dan termasuk  ke dalam kategori tinggi. Faktor internal yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor kelelahan sebesar  85,2% dan termasuk ke dalam kategori tinggi.


Keywords


Faktor, Eksternal, Internal, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2).

Sudjana (2011). Metode Statistik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Saleh, R. R., & Ramdani, D. Pengembangan Media Video Tutorial dalam Pembelajaran Komputer untuk Keterampilan Membuat Server di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(10).

Widiyanto, Joko (2010). SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.118610

Copyright (c) 2022 Niken Febrani, Jonni Mardizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id