ANALISIS REGRESI LOGISTIK PADA PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI MENUJU BANDARA INTERNASIONAL MINANAGKABAU
Abstract
Karakteristik pelaku perjalanan sudah diketahui mempengaruhi pemilihan moda pada sebagian besar penelitian yang pernah dilaporkan. Namun, untuk rute tertentu, persaingan moda dapat saja terjadi. Nilai utilitas moda yang ditawarkan akan menjadi pertimbangan khusus bagi pengguna untuk cenderung memilih satu moda dibanding moda lainnya. Demikian pula halnya pada rute menuju Bandara Internasional Minangkabau. Penelitian ini bertujuan untuik mengetahui kompetisi moda mobil pribadi dengan angkutan umum kereta api menggunakan teknik analisis data reveal dan stated preference dan model regresi logit binomial. Dilakukan penyebaran kuisioner dan wawancara dalam 2 tahap terhadap 200 responden. Dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap tiap butir pertanyaan. Dilakukan pula uji korelasi PPM terhadap empat variabel yang diduga sebagai faktor yang mempengaruhi pemilihan moda. Hasil analisis data reveal preference membuktikan bahwa variabel dyang mempengaruhi pemiilihan moda menuju bandara adalah kenyamanan (31%), waktu tempuh (23%), frekuensi keberangkatan moda (25%) serta tarif/ ongkos moda transportasi (11%). Sedangkan variabel keamanan (7%) dan waktu tunggu (2%), bukan prioritas utama bagi responden. Demikian pula halnya dengan variabel konektivitas (transit), rute, dan fasilitas moda yang belum menjadi pertimbangan. Dari hasil analisis korelasi r-PPM terhadap data Stated Preference yang meliputi 4 (empat) atribut yaitu waktu perjalanan (X1), biaya perjalanan (X2), frekuensi keberangkatan (X3), waktu tunggu (X4). sebut signifikan mempengaruhi pemilihan moda (nilai P value < 0.05) dengan nilai R = 0,128895. Berdasarkan hasil regresi logistik didapatkan persamaan yaitu: Y= 1,169779 – (-0,02562) X1 + (-4,4E-05) X2 + 0,115081 X3 – (- 0,02125) X4.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Marna, Marna & Saftari, Maya & Jana, Padrul & Maxrizal, Maxrizal. (2021). Analisis Regresi Logistik Biner Untuk Memprediksi Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Indeks Prestasi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 9. 47. 10.31941/delta.v9i1.1251.
Roza, A., Rusli, A. M., & Karim, M. R. (2017). Analisis Reveal Dan Stated Preference Terhadap Atribut Access Time Dan Frequency Pada Kompetisi Moda Bus Dan Kereta Api: Studi Kasus Malaysia. Jurnal Teknik Sipil ITP, 4(2), 29-38
Roza, A., Rusli, A. M., & Saputra, M. A. (2021). Kompetisi Moda Angkutan Umum Darat (Koridor Kota Padang Panjang-Padang,Sumatera Barat. Racic: Rab Construction Research, 6(2), 93-100.
Dodi, Dodi & Nahdalina, Nahdalina. (2019). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Dengan Metode Discrete Choice Model (Studi Kasus: Bandara Internasional Soekarno Hatta). WARTA ARDHIA. 44. 81. 10.25104/wa.v44i2.334.81-92.
Yusnita, Y., Roza, A., & Rusli, A. M. (2020). Model Pemilihan Moda Berdasarkan Variabel Kepemilikan Kendaraan Dan Kategori Luas Lahan Parkir Dengan Teknik Analisis Regresi. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 9(2), 95-105.
Roza, A., Yusnita, Y., Rusli, A.M., & Muchlisin (2021). Trip Attraction Model on the Education Center on Pangilun Mountain Area, Padang City.
Roza, A., Fikri, A., & Rusli, A. M. (2020). Analisis Kenyamanan Jalur Pedestrian Jalan Ps. Baru Kota Padang Dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. CIVED, 7(2), 98-109.
Wahab, W., & Roza, A. (2020). Pemodelan Pemilihan Moda Transportasi Darat Antara Angkutan Kota dan Gojek di Kota Bukittinggi dengan Teknik Stated Preference. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 17(1), 63-74
Tampil, Yumira Adriani; Komalig, Hanny dan Langi,Yohanis. (2017). Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. JdC, Vol. 6, No. 2, September 2017
O. Z. Tamin. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.118234
Copyright (c) 2022 Angelalia Roza, Wilton Wahab, Lilian Syatrio Copri, Andi Mulya Rusli, Nadra Mutiara Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.