Cover Image

ASSESSMENT KERUSAKAN BANGUNAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PADANG TIMUR

Prima Yane Putri, Dwi Poeji Lestari

Abstract


Semakin bertambah umur suatu bangunan maka masa layan bangunan semakin berkurang dan kemampuan bangunan untuk mendukung aktifitas pada bangunan tersebut juga berkurang, ini diakibatkan oleh kerusakan yang terjadi secara alami akibat pemakaian bangunan. Kerusakan akan semakin parah jika selama masa layan bangunan tidak pernah mengalami perbaikan atau perawatan. Beberapa sekolah dasar di Kota Padang banyak mengalami kerusakan, baik kerusakan ringan maupun berat. Pengecekan kerusakan perlu dilakukan pada bangunan sekolah dasar di Kota Padang agar tidak terjadi keruntuhan pada bangunan yang mengakibatkan bahaya bagi penghuni sekolah. Assessment bangunan di lakukan pada SDN 32 Andalas, SDN 07 Air Camar, dan SDN 08 & 09 Parak Gadang tujuan dari assessment bangunan ini adalah untuk mengetahui persentase kerusakan sekolah dasar di Kecamatan Padang Timur dan mengetahui kategori kerusakan bangunan sekolah  di Kecamatan Padang Timur. Penelitian berfokus terhadap penilaian dan kategori kerusakan bangunan berdasarkan kepada Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 47 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Standarisasi Desain dan Penilaian Kerusakan Sekolah dan Madrasah.


Keywords


Assessment Bangungan, Sekolah Dasar, Kerusakan

Full Text:

PDF

References


Sapriman. Kajian Metode Penilaian Kerusakan Bangunan Berdasarkan Standar Kementerian PUPR dan Standar Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. Padang. (2021)

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum. Pekerjaan Umum Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. (2008)

Kementerian PUPR. Surat Edaran Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 47 Tahun 2020. (2020).

Kementerian Pendidikan Nasional. Pedoman Teknis Bangunan Sekolah Tahan Gempa. (2010).

Standar Nasional Indonesia. Metode Pengujian Eelemen Struktur Beton Dengan Alat Palu Beton Tipe N Dan NR. Badan Standarisasi Nasional. (1997)

Standar Nasional Indonesia. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung. (2019)




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.117794

Copyright (c) 2022 Prima Yane Putri, Dwi Poeji Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id